STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAM TANGAN DIVINEWATCH MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DI ERA PANDEMI

KUSNENDAR, . (2023) STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAM TANGAN DIVINEWATCH MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DI ERA PANDEMI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB IV - Aulia khofi Sinaga.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - VII - Aulia khofi Sinaga.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Aulia khofi Sinaga.docx

Download (26kB)

Abstract

KUSNENDAR. 2217500032. 2023. STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAM TANGAN DIVINEWATCH MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DI ERA PANDEMI. SKRIPSI. Pembimbing I : Ike Desi Florina, M.I.Kom. Pembimbing II Sarwo Edy, M.I.Kom. Progam Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Trend e-commerce pada tanggal 20 November 2019 Presiden Joko Widodo melakukan penetrasi digital dengan menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomer 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (e-commerce) sejak saat itulah bermunculan Toko Online di Indonesia. Pentingnya komunikasi pemasaran dalam Era Digital peneliti mengambil objek DIVINEWATCH yang merupakan salah satu toko di marketplace Shopee. Divinewatch menjual produk yang jarang ada di pasaran namun sebenarnya produk tersebut banyak di sukai oleh banyak kalangan, namun karena produk tersebut memiliki harga jual yang tinggi sehingga banyak konsumen yang sulit mendapatkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif lebih ditekankan pada persoalan kualitas data yang ada di toko Divinewatch bukan banyaknya suatu data. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui riset online, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menghasilkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Divinewatch masuk ke marketplace shopee sudah sangatlah tepat dimana saat terjadi pandemi terbataslah ruang lingkup masyarakat untuk bertemu. Ditambah apa yang dilakukan oleh Divinewatch menurut peneliti sudah sangat sesuai dengan konsep pemasaran (marketing mix) yang di kembangkan oleh Philip Kotler yaitu 4P yaitu Product, price, Place dan Promotion. Shopee juga mempunyai peran penting dalam penjualan produk jam tangan bekas Divinewatch dimana selain memberikan kemudahan pembayaran oleh konsumen di shopee, Divinewatch membentuk karakter toko yang meskipun menjual jam tangan bekas namun memiliki segmentasi harga, banyak model dan memiliki banyak stok produk dari merek terkenal, sehingga saat pandemi calon konsumen dapat mencari merek yang dicari tanpa perlu ke toko karena pembatasan aktifitas saat pandemi. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Jam Tangan, Shopee, Era Pandemi, Konsep 4P Philip Kotler,

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:30
Last Modified: 05 Oct 2023 01:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7755

Actions (login required)

View Item View Item