MOCH. REZA ALWI, . (2023) STRATEGI SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Disiplin Belajar Kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI-MOCH.REZA ALWI_BAB 1-3 - Moch. Reza Alwi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI-OCH.REZA ALWI_BAB 4-5 - Moch. Reza Alwi.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
|
Text
SKRIPSI-MOCH.REZA ALWI _ DAFRAE PUSTAKA-LAMPIRAN - Moch. Reza Alwi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Alwi, Moch Reza., 2023. Strategi Self Management Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Disiplin Belajar Kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023). Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I :Dr. Rahmad Agung N,M.Si. Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci: Self management, Disiplin Belajar. Penelitian dilatar belakangi oleh tingkat disiplin belajar peserta didik yang rendah di SMAN 3 Brebes, Permasalahan tersebut memberikan dampak yang buruk yaitu menurunnya prestasi belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Strategi Self Management Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik (Studi Kasus Disiplin Belajar Kelas XI SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023). Berdasarkan Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu untuk memahami fenomena atau gejala sosial dengan lebih memfokuskan pada gambaran yang lengkap tentang fenomena yang dikaji atau kejadian dilapangan secara langsung dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitiannya di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian ini bahwa berdasarkan wawancara serta observasi secara langsung dengan tiga peserta didik di kelas XI SMA Negeri 3 Brebes, yaitu mengetahui tingkat rendahnya disiplin dalam belajar. Dikarenakan peserta didik tidak dapat mengatur waktu secara efektif. Oleh sebab itu peneliti mengarahkan peserta didik dalam self management dan hasilnya adalah peserta didik mampu menggunakan waktu yang lebih baik serta meningkatnya mutu belajar dan kedisiplinan peserta didik. Saran dari penulis, guru pembimbing hendaknya memperhatikan dan meningkatkan program layanan bimbingan dan konseling disekolah terkait disiplin belajar peserta didik, sehingga disiplin belajar peserta didik dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi kedepannya. Selain mengoptimalkan penerapan strategi self management dan disiplin belajar peserta didik, guru pembimbing juga harus memperhatikan faktor lain. vii
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:15 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:15 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7794 |
Actions (login required)
View Item |