LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMP DI RT. 08 RW. 17 KELURAHAN BREBES KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES

EMA ISTIQOMAH, . (2023) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMP DI RT. 08 RW. 17 KELURAHAN BREBES KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Dokumen Revisi 15 Agustus - Ema Istiqomah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV-V 8 Agustus 2023-Ema Istiqomah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
Dapus-Lampiran Ema istiqomah.docx

Download (2MB)

Abstract

Istiqomah, Ema. 1116500019, 2023. “Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Dapat Meningatkan Perilaku Disiplin Belajar Tingkat SMP di Rt 8 Rw 17 Kelurahan Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Mulyani, M.Pd Pembimbing II Dr. H. Suriswo, M.Pd Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Meningkatkan Perilaku Disiplin Belajar Tingkat SMP. Kedisiplinan bagi peserta didik jelas akan mempengaruhi perilaku lainnya di lingkungan manapun baik di lingkungan rumah, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Layanan bimbingan kelompok pada pelanggaran tata tertib sekolah dengan tujuan agar individu dapat menciptakan perilaku baru serta mengetahui kemampuaanya dalam mengatasi permasalahan terhadap pelanggaran tata tertib sekolah, secara berkelompok dengan interaksi dan komunikasi dengan anggota kelompok yang lain untuk untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi bersama melalui penukaran pikiran dalam diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui tingkat perilaku disiplin belajar peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling. 2) mengetahui tingkat perilaku disiplin peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling. 3) mengetahui apakah layanan Bimbingan kelompok teknik Modeling dapat meningatkan perilaku disiplin belajar peserta didik tingkat SMP di Rt 8 Rw 17 Kelurahan Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peserta Didik Brebes Tingkat SMP Di Rt 8 Rw 17 Kelurahan Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Tahun 2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Puposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 responden. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan metode rumus belah dua (Spearman-Brown). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif berupa persentase dan uji paired t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perilaku disiplin belajar peserta didik tingkat SMP di Rt 8 Rw 17 Kelurahan Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling mayoritas termasuk dalam kategori sedang, sebanyak 72,7% , untuk kategori tinggi 27,3%, tingkat perilaku disiplin belajar peserta didik tingkat SMP di Rt 8 Rw 17 Kelurahan Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik modeling mayoritas termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 72,7%, dan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar pada peserta didik. Berdasarkan beberapa hasil kesimpulan penelitian ini, maka beberapa saran yang perlu disampaikan adalah : 1) Bagi peserta didik, hendaknya menjaga kedisiplinan belajarnya agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik. 2) Peneliti selanjutnya sebaiknya menambah jumlah sampel penelitian dengan gabungan lintas pelajar dari SD, SMP, dan SMA agar hasilnya dapat digeneralisasikan. 3) Serta disarankan penelitian tidak hanya dilakukan di Rt 8 Rw 17 Kelurahan Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes tetapi bisa dengan jumlah sampel gabungan dari beberapa daerah lain, untuk memberikan kesempatan yang banyak kepada siswa dalam rangka meningkatkan kedisiplinannya dalam menaati tata tertib sekolah sebaiknya guru BK merancang rencana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Modelling dengan mengalokasikan waktu yang lebih banyak dibandingkan alokasi waktu untuk guru. 4) Agar hasil penelitian ini berdampak pada guru-guru BK lain.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:18
Last Modified: 29 May 2024 04:53
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7813

Actions (login required)

View Item View Item