“PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN KONSELING REALITAS BERBASIS WDEP (Want, Doing, Evaluation, Planning) PADA PEMBELAJARAN ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM ARUM INDAH TAHUN PELAJARAN 2022-2023”

RINA IRIYANTI, . (2023) “PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN KONSELING REALITAS BERBASIS WDEP (Want, Doing, Evaluation, Planning) PADA PEMBELAJARAN ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM ARUM INDAH TAHUN PELAJARAN 2022-2023”. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Rina Iriyanti_1119500011_SkripsiBK-Cover-BAB 3 - Rina Iriyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Rina Iriyanti_1119500011_SkripsiBK_BAB 4-BAB 5 - Rina Iriyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Rina Iriyanti_1119500011_SkripsiBK_DAPUS-LAMPIRAN - Rina Iriyanti.pdf

Download (5MB)

Abstract

IRIYANTI, RINA, 2023. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Berpendekatan Konseling Realitas Berbasis WDEP (Want, Doing, Evaluation, Planning) Pada Pembelajaran Andragogi Untuk Meningkatkan Self Confidence Warga Belajar Paket C Di PKBM Arum Indah Tahun Pelajaran 2022-2023. Pembimbing 1 : Prof. Dr. Sitti Hartinah DS, MM Pembimbing II : M. Arif Budiman S, M.Pd Kata Kunci : Self Confidance, Konseling Realitas, Pembelajaran Andragogi Mayoritas masalah warga belajar yang berada di PKBM adalah rendahnya Self Confidence. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat perilaku Self Confidence sebelum dan sesudah menggunakan layanan konseling kelompok berpendekatan konseling realitas berbasis WDEP serta mengetahui pengaruh yang signifikan terkait layanan yang diberikan dengan permasalahan Self Confidence pada Warga Belajar di PKBM Arum Indah Tahun Pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Pre-Eksperimen Design dan pola yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar paket C di PKBM Arum Indah. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil temuan menunjukan bahwa: 1. Sebelum melaksanakan layanan konseling kelompok berpendekatan konseling realitas berbasis WDEP didapati 15 warga belajar dengan kategori kurang percaya diri pada rentang presentase 50%-65%, 2. Setelah melaksanakan layanan didapati hasil 22 warga belajar dengan kategori percaya diri pada rentang prsentase sebesar 75%-85%. yang artinya terdapat peningkatan setelah diberikan layanan. 3. Dari hasil uji regresi linier sederhana didapati nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya layanan konseling kelompok berpendekatan konseling realitas berbasis WDEP dapat meningkatkan Self Confidence warga belajar paket C di PKBM Arum Indah. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan bahwa sebelum melaksanakan layanan mayoritas warga belajar memiliki Self Confidence rendah dengan nilai presentase sebesar 68,1%. Nilai tersebut diperoleh dari 9 aspek yang telah dibagikan sebagai instrumen penelitian dan hasil 3 aspek terendah ada pada aspek 3 dengan presentase 48,66%, aspek 2 dengan presentase sebesar 49,12% dan aspek 6 dengan presentase sebesar 49, 68%. Setelah dilakukannya layanan maka didapati nilai presentase sebesar 95,4%, nilai tersebut didapati pada 3 aspek dengan nilai presentase tertinggi yaitu aspek 1 dengan nilai presentase sebesar 73,75%, aspek 7 dengan presentase sebesar 73% dan pada aspek 3 sebesar 71,95%. Dengan demikian setelah diberikan nya treatment terdapat peningkatan nilai signifikasi dari 68,1% ke 95,4%, maka disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok berpendekatan konseling realitas berbasis WDEP dapat meningkatkan Self Confidence warga belajar paket C di PKBM Arum Indah Tahun Pelajaran 2022-2023.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:09
Last Modified: 18 Oct 2023 02:09
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7822

Actions (login required)

View Item View Item