EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 1 LARANGAN KABUPATEN BREBES

ITSBATUL FUAD HUSSAINI, . (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 7 SMP NEGERI 1 LARANGAN KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_PE_ITSBATUL_COVER-BAB 3 - Itsbatul Fuad Hussaini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_PE_ITSBATUL_BAB 4-BAB 5 - Itsbatul Fuad Hussaini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
SKRIPSI_PE_ITSBATUL_DAPUS LAMPIRAN - Itsbatul Fuad Hussaini.pdf

Download (6MB)

Abstract

HUSSAINI, ITSBATUL FUAD, 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 7 SMP Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Neni Hendaryati, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Dewi Apriani Fr,.M.M. Kata Kunci : Blended Learning, Quizizz, hasil belajar Era Revolusi Industri 4.0 mempengaruhi sistem pendidikan konvensional menjadi berbasis media. Guru harus lebih adaptif dan menyelaraskan kompetensinya dengan perkembangan teknologi yang masif dan disruptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Blended Learning berbantuan media Quizizz terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experiment dengan Nonequivalennt Control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Larangan tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel kelas 7B sebagai kelas kontrol dan kelas 7C sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan dalam uji N-gain diperoleh rata-rata nilai Ngain kelas eksperimen 46,66% > 26,35% rata-rata nilai N-gain kelas kontrol. Sementara hasil uji Independent Sample T-test untuk gain Score didapatkan hasil bahwa thitung>ttabel yaitu 4,324>1,992, maka bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Blended Learning berbantuan media Quizizz efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Larangan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru IPS dapat menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Media Quizizz serta disesuaikan dengan karakteristik siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:37
Last Modified: 18 Oct 2023 04:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7825

Actions (login required)

View Item View Item