HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

RIZKI YUNIANTI, . (2023) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
2 COVER, BAB 1 - BAB 3SKRIPSI RIZKI YUNIANTI - Rizki Yunianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
Lutfiyah N.A_BAB 4 DAN 5 - Lutfiyah N.A.doc
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
3 DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN SKRIPSI LENGKAP RIZKI YUNIANTI - Rizki Yunianti.pdf

Download (2MB)

Abstract

YUNIANTI, RIZKI. 2023. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Tahun Ajaran 2022/2023. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Drs. Ponoharjo, M.Pd. Pembimbing II : Isnani, M.Si., M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan Mengajar, Kemampuan Pemahaman Matematis, Guru, Peserta Didik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru dengan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kramat. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat dan sampel yang digunakan sebanyak 75 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket yang di tujukan kepada peserta didik dan metode dokumentasi hasil PTS Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 SMP Negeri 1 Kramat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan mengajar guru dikategorikan sedang 66,4 % yang dibuktikan dengan hasil angket dari 75 responden. Kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat dikategorikan sedang dengan presentase 32 % berdasarkan hasil analisis data yaitu skor yang diperoleh variabel kemampuan pemahaman matematis peserta didik (Y). Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat. Berdasarkan uji hipotesis yaitu variabel keterampilan mengajar guru (X) berhubungan positif terhadap variabel kemampuan pemahaman matematis (Y). Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru berhubungan terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:51
Last Modified: 02 Jan 2024 04:51
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item