EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

Yuliani, . (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
JUDUL dan 1-3 - Yuliani.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
Bab 4 dan 5 - Yuliani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan lampiran - Yuliani.pdf

Download (1MB)

Abstract

YULIANI, 2023. Efektifitas Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Literasi Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester genap SMP Negeri 1 Kramat pada Materi Statistika tahun ajaran 2022/2023). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing 1 : Dra. Eleonora Dwi., M.Pd. Pembimbing II : Dr. Munadi, S.Si., M.Si. Kata kunci : Efektifitas, Model Pembelajaran Make A Match, Kemampuan Literasi Matematika Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika antara yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan model pembelajaran ekspository dan untuk mengetahui efektifitas Model Pembelajaran Make a Match terhadap kemampuan literasi matematika di SMP N 1 Kramat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi penelitian eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat dan sampel yang digunakan sebanyak 64 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling sampel penelitian kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol dan Pembelajaran VIII C sebagai kelas uji coba. Data penelitian dianalisis menggunakan uji Independent Sample t Test dan uji t One Sample yang sebelumnya sudah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih baik dari peserta didik yang diajar menggunakan model Ekspository dan model pembelajaran make a match lebih efektif terhadap kemampuan literasi matematika di SMP N 1 Kramat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:50
Last Modified: 04 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8083

Actions (login required)

View Item View Item