RATIH AYUNINGTYAS ARUMSARI, . (2023) ANALISIS SCIENTIFIC LITERACY SKILLS PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POSTER BERBASIS PICTORIAL RIDDLE. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB III (RATIH A. ARUMSARI) - Ratih Ayuningtyas Arumsari.docx Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
BAB 4-BAB 5 (RATIH A. ARUMSARI) - Ratih Ayuningtyas Arumsari.docx Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN (RATIH A. ARUMSARI) - Ratih Ayuningtyas Arumsari.docx Download (6MB) |
Abstract
ARUMSARI, RATIH AYUNINGTYAS. 2023. Analisis Scientific Literacy Skills Peserta Didik melalui Penggunaan Media Poster Berbasis Pictorial Riddle. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani, M.Pd. Pembimbing II : Fahmi Fatkhomi, M.Pd. Kata Kunci : scientific literacy skills, poster, pictorial riddle Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui tingkat efektivitas poster berbasis pictorial riddle sebagai media dalam pembelajaran IPA terhadap scientific literacy skills peserta didik, (2) mengetahui perbedaan scientific literacy skills peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain pretest-posttest control group. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhturi tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes (pretest-posttest) dan non tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain dan uji independent sample t-test menggunakan Microsoft Excel dan software SPSS versi 24 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran poster berbasis pictorial riddle cukup efektif dalam memberikan pengaruh pada peningkatan hasil scientific literacy skills peserta didik dengan perolehan persentase skor N-Gain 66,71% , (2) Peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan penggunaan media poster berbasis pictorial riddle dengan kelas kontrol yang tidak menerapkan media poster berbasis pictorial riddle memiliki perbedaan pada kemampuan literasi sains (scientific literacy skills) yang dibuktikan melalui uji independent sample t-test dengan memperoleh nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,001, (3) Respon peserta didik terhadap pembelajaran pada kelas eksperimen sangat baik dengan perolehan rata-rata 86,92%. Sedangkan pada kelas kontrol respon peserta didik terhadap pembelajaran baik yang mendapatkan perolehan rata-rata 79,33%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 02:55 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 02:55 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8101 |
Actions (login required)
View Item |