EFEKTIVITAS MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

SALMA AULIA RAHMA, . (2023) EFEKTIVITAS MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SALMA COVER - BAB 3 - Salma Aulia Rahma.docx
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
SKRIPSI SALMA BAB 4-5 - Salma Aulia Rahma.docx
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
SKRIPSI SALMA DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Salma Aulia Rahma.docx

Download (4MB)

Abstract

RAHMA, SALMA AULIA. 2023.”EFEKTIVITAS MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Al-Irsyad Kota Tegal Materi Pokok Peluang Tahun Pelajaran 2022/2023)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Ponoharjo, M.Pd Pembimbing II: Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd Kata kunci: Efektivitas, Model Numbered Head Together, Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Numbered Head Together memberikan pengaruh terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas X semester genap di SMA Al-Irsyad Kota Tegal pada materi pokok peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif true experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Only Control Design. Data dikumpulkan dari 66 siswa dari kelas X eksperimen dan kelas kontrol melalui posttest, angket, dan dokumentasi. Selain itu, 13 siswa dari kelas X ujicoba digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas tes dan angket. Analisis data dilakukan menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model Numbered Head Together terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok peluang dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa pada posttest, selain itu juga adanya perbedaan rata-rata nilai posttest siswa antara kelas yang diberi perlakuan (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak diberi perlakuan (kelas kontrol) dimana rata-rata nilai prestasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Namun, dalam motivasi belajar matematika siswa pada materi pokok peluang tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dibuktikan pada uji hipotesis kedua nilai sig. > 0,05 yang artinya tidak adanya pengaruh yang signifikan model Numbered Head Together terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X semester genap SMA Al-Irsyad Tegal pada materi pokok peluang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together memiliki pengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar matematika siswa kelas X di SMA Al-Irsyad Kota Tegal. Penelitian ini memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan prestasi dan motivasi pembelajaran matematika siswa serta membantu mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran matematika yang bersifat abstrak. Selain itu, model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dengan cara kerjasama antar siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:48
Last Modified: 04 Jan 2024 03:48
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8115

Actions (login required)

View Item View Item