PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI 02 REMBUL, KECAMATAN RANDUDONGKAL, KABUPATEN PEMALANG

LIDYA ASYIFATUN NUR HIDAYAH, . (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI 02 REMBUL, KECAMATAN RANDUDONGKAL, KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB COVER 1-3 - Syifa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
BB 4-5 - Syifa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN - Syifa.pdf

Download (3MB)

Abstract

HIDAYAH, LIDYA ASYIFATUN NUR. 2023. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Menurunkan Perilaku Bullying pada Siswa SD Negeri 02 Rembul, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd Pembimbing II : Dr. Rahmad Agung Nugraha, M.Si Kata Kunci : Bimbingan kelompok, Role playing, Bullying Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Tingkat perilaku bullying pada kelompok eksperimen dan kontrol sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. 2. Tingkat perilaku bullying pada kelompok eksperimen dan kontrol sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. 3. Apakah terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk menurunkan perilaku bullying. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. sebelum melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing, rata-rata tingkat perilaku bullying pada siswa termasuk dalam kategori tinggi sebesar 80% dengan jumlah skor rata-rata 94.70 pada kelompok eksperimen. Tingkat perilaku bullying pada kelompok kontrol juga terlihat tinggi dengan jumlah skor rata-rata 93.00 atau 70% yang artinya siswa yang dikategorikan tersebut memiliki perilaku bullying tinggi. 2. Setelah melaksanakan layanan bimbingan kelompok didapat hasil perolehan data statistik dalam kategori rendah pada kelompok eksperimen sebesar 100% dengan rata-rata skor 39.70. Sedangkan perilaku bullying masih terlihat tinggi pada kelompok kontrol sebesar 70% dengan skor rata-rata 92.70. 3. Dari hasil uji paired sample-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif, yang berarti layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat menurunkan perilaku bullying pada siswa. Saran dalam penelitian ini ditujukan untuk sekolah, guru kelas dan siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:36
Last Modified: 09 Jan 2024 03:36
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8159

Actions (login required)

View Item View Item