EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI BANGSRI 02 KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES

MUHAMAD FAIZAL BACHARSYAH, . (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI BANGSRI 02 KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI COVER-BAB 3 M.FAIZAL B 1118500078 - Mila Yuliana Putri.docx
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4 -5 M.FAIZAL BACHARSYAH 1118500078 - Mila Yuliana Putri.docx
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
SKRIPSI HANYA DAPUS & LAMPIRAN 4118500331 - Mila Yuliana Putri.docx

Download (3MB)

Abstract

FAIZAL BACHARSYAH, MUHAMAD. 2023. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Self Efficacy Pada Peserta Didik Kelas 5 Di SD Negeri Bangsri 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Arif Budiman, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok, Self Efficacy. Karakteristik Peserta Didik. Penelitian ini di latarbelakangi adanya penurunan efikasi diri pada siswa kelas V SD Negeri Bangsri 02 sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini seberapa tinggi efikasi siswa kelas V SD Negeri 02 Bangsri sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok, efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dalam meningkatkan efikasi diri pada siswa kelas V SD Negeri 02 Bangsri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan pelaksanaan sebelum, sesudah, dan efektif kegiatan layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 02 Bangsri Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok terkait efikasi diri hasil pretest sebanyak 62,4 dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik diskusi kelompok mengalami peningkatan menjadi 101,5. Berdasarkan hasil analisis, uji t (paired sample t test), maka dapat diperoleh bahwa hasil kelas eksperimen t hitung > t tabel yaitu 3,738 > 1,812 dan sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka H 0 ditolak dan H a diterima.. Sehingga dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok efektif menggunakan teknik diskusi untuk meningkatkan self efficacy pada peserta didik kelas V di SD Negeri Bangsri 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Saran penelitian ini pada peserta didik perlu menindak lanjuti dan meningkatkan efikasi diri sehingga memiliki karakter yang unggul, kreatif dan bertanggung jawab, peserta didik yang mempunyai self efficacy tinggi, lebih bisa mempercayai kemampuannya dan tidak takut dalam menghadapi masalah. Peserta didik yang berani mengungkapkan pendapat pada saat dikelas maupun saat bertugas bisa dibilang mempunyai kepercayaan diri yang lebih 9 9 tinggi dari lainnya. Hal ini disebabkan karena dirinya yang mampu mempercayai diri dan kemampuannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:38
Last Modified: 09 Jan 2024 03:38
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item