PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNTK ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENCECAH ' PERTLAKU BALLYING PADA PESERTA DIDIK XTUS X MPLB DI SMK NEGERI I SLAWI KABUPATEN TEGAL

AYU PUTRI CHIISAI, . (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNTK ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENCECAH ' PERTLAKU BALLYING PADA PESERTA DIDIK XTUS X MPLB DI SMK NEGERI I SLAWI KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover - bab 3 - ayu putri chiisai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
bab 4 - bab 5 - ayu putri chiisai.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] Text
daftar pustaka - lampiran - ayu putri chiisai.pdf

Download (6MB)

Abstract

Chiisai, Ayu Putri. 2023. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Role Playing dalam Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila Untuk Mencegah Perilaku Bullying pada Peserta Didik Kelas X MPLB di SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd Kata Kunci : Bimbingan Klasikal, Role Playing, Bullying, Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila Bullying di sekolah diidentifikasikan sebagai perilaku yang melukai individu baik secara verbal dari hubungan mereka dengan teman sebayanya yang mengakibatkan perselisihan berulang atau bahkan pengucilan terhadap peserta didik lain. Menerapkan program dengan konsep merdeka belajar untuk mencari perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan tanpa aturan formal yang menghambat kreativitas yang menjadi strategi pencegahan bullying di sekolah oleh guru BK. Tujuannya untuk mengetahui tingkat pemahaman perilaku bullying sebelum dan sesudah dilakukan layanan, serta melihat pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik role playing untuk mencegah perilaku bullying dalam pembelajaran profil pelajar Pancasila pada peserta didik kelas X MPLB di SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Eksperimental, One Group Pretest-Postest Desain. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda paired sample t – test dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh sebelum dilakukan layanan tingkat pemahaman perilaku bullying, kategori rendah 52,78% (19 peserta didik), kategori sedang 33,33% (12 peserta didik) dan kategori tinggi 13,89% (5 peserta didik). Sesudah dilakukan layanan bimbingan klasikal dengan teknik role playing dalam pembelajaran profil pelajar Pancasila terjadi peningkatan 72,22% kategori tinggi (26 peserta didik), penurunan 27,78% kategori sedang (10 peserta didik), dan perubahan 0,00% kategori rendah. Pengujian hipotesis pada uji beda paired sample t – test ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan hasil 0,000 < 0,05 sehingga berdampak signifikan pada layanan yang diberikan. Berdasarkan dari angka regresi dengan sig (2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai probabilitasnya < 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak dengan pengaruh signifikan sebesar 81,8%.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:39
Last Modified: 09 Jan 2024 03:39
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8176

Actions (login required)

View Item View Item