MODEL ASESMEN LITERASI FISIK GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR

Anton Wibowo, . (2024) MODEL ASESMEN LITERASI FISIK GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS COVER - BAB 3 - Anton Wibowo.docx

Download (5MB)
[img] Text
TESIS BAB 4-5 - Anton Wibowo.docx
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Anton Wibowo.docx

Download (1MB)

Abstract

Anton Wibowo. 2023. “Model Asesmen Literasi Fisik Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata kunci: Model Asesmen, Literasi Fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui analisis asesmen literasi fisik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar, (2) mengetahui konstruksi tes literasi fisik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar, (3) mengetahui validitas aspek isi tes literasi fisik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar, (4) mengetahui kualitas dari aspek psikometri butir-butir tes literasi fisik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar, dan (5) mengetahui validitas konstrak tes literasi fisik guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan model asesmen literasi fisik guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah dasar yang divalidasi dengan pemodelan Rasch. Pada rancangan penelitian pengembangan instrumen menggunakan model prosedural ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji Coba instrumen melibatkan 100 guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah dasar. Hasil penelitian konstruksi tes disajikan yang dalam bentuk pilihan ganda mengacu pada standar capaian IPLA 2015 menunjukkan bahwa (1) butir-butir Instrumen tes literasi fisik telah memenuhi validitas dari aspek isi (conten), (2) butir-butir Instrumen tes literasi fisik telah memenuhi validitas aspek psikometrik, dan (3) validasi konstrak dengan pemodelan Rasch menggunakan aspek validitas isi, validitas aspek substantif, validitas aspek struktural, dan validitas aspek eksternal butir tes layak digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan dan pemahaman literasi fisik guru pendidikan jasmani, olahraga dak kesehatan dengan mengacu pada capaian literasi fisik sesuai standar IPLA 2015. Implikasi dari penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan literasi fisik dan implementasinya dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah dasar.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:21
Last Modified: 29 May 2024 03:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8238

Actions (login required)

View Item View Item