PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGI, KOMPETENSI PROFESIONAL, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SMP NEGERI KABUPATEN TEGAL

Dewi Pangestuti, . (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGI, KOMPETENSI PROFESIONAL, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SMP NEGERI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1 - BAB 3_ Dewi P - Dewi Pangestuti.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4 - BAB 5_Dewi P - Dewi Pangestuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
Daftar Pustaka & Lamp_Dewi P - Dewi Pangestuti.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewi Pangestuti, 2023. “Pengaruh Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Profesional, dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru SMP Negeri Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasaksi Tegal. Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd., pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata kunci: Kompetensi Pedagogi, Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja, Kinerja Guru. Kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional merupakan kompetensi yang mutlak harus dimiliki guru untuk melaksanakan proses pembelajaran, selain itu guru juga harus memiliki motivasi yang tinggi untuk meningkatkan kinerjanya. Namun dalam kenyataan peneliti mengamati dan menemukan masih terdapat guru Bahasa Inggris berstatus Pegawai Negeri Sipil SMP Negeri yang sudah bersertifikat pendidik di Kabupaten Tegal belum menunjukkan peningkatan kinerjanya dengan baik dalam mengelola proses pembelajaran. Hal ini disebabkan masih kurangnya kompetensi pedagogi dan kompetensi profesional serta motivasi yang rendah yang dimiliki guru tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi terhadap peningkatan kinerja guru Bahasa Inggris berstatus Pegawai Negeri Sipil SMP Negeri yang sudah bersertifikat pendidik se- Kabupaten Tegal; 2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi professional terhadap peningkatan kinerja guru Bahasa Inggris berstatus Pegawai Negeri Sipil SMP Negeri yang sudah bersertifikat pendidik se- Kabupaten Tegal; 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja guru Bahasa Inggris berstatus Pegawai Negeri Sipil SMP Negeri yang sudah bersertifikat pendidik se- Kabupaten Tegal.; 4) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama�sama kompetensi pedagogi, kompetensi professional dan motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja guru Bahasa Inggris berstatus Pegawai Negeri Sipil SMP Negeri yang sudah bersertifikat pendidik se-Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Piopulasi dalam pienielitian ini adalah guru Bahasa Inggris yang bierstatus Piegawai Niegieri Sipil SMP Niegieri yang sudah biersiertifikat piendidik sie-Kabupatien Tiegal yang jumlahnya 146 guru. Besarnya sampel menggunakan rumus Yamane. Teknik pengambilan sampel mienggunakan priopiortiionatie randiom sampling. Analisa data menggunakan program SPSS 26 untuk menguji R square dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menggunakan uji t (parsial) membuktikan bahwa kompetensi pedagogi, kompetensi profesional dan motivasi kerja masing-masing berpengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Hasil uji R square menunjukan dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan dengan uji t dan uji F diperoleh sebagai berikut : (1) pengaruh kompetensi pedagogi terhadap peningkatan kinerja guru memperoleh hasil thitung sebesar 5,471 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 Ha: diterima, (2) pengaruh kompetensi profesional terhadap peningkatan kinerja guru memperoleh hasil thitung sebesar 5,770 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 Ha: diterima, (3) pengaruh motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja guru memperoleh hasil thitung sebesar 6,774 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 Ha: diterima, (4) pengaruh kompetensi pedagogi, kompetensi profesional dan motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja guru memperoleh nilai Fhitung sebesar 20.124 dengan nilai p value (sig) sebesar 0,000 yang berada di bawah alpha 5% (0,05) maka terdapat pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru. Guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Tegal diharapkan mampu meningkatkan kompetensi pedagogi, kompetensi profesional dan motivasi kerjanya agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberi fasilitas, mendidik, membimbing dan melatih peserta didik sehingga tujuan pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa akan tercapa

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:57
Last Modified: 02 Feb 2024 03:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8265

Actions (login required)

View Item View Item