PENGEMBANGAN MEDIA NEW TRAVEL GAME PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS VI SD NEGERI SUMBARANG KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL

Fajar Hadi Wibowo, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA NEW TRAVEL GAME PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS VI SD NEGERI SUMBARANG KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
PENDAHULUAN DAN BAB 1-3 - Fajar Hadi Wibowo-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 - Fajar Hadi Wibowo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN - Fajar Hadi Wibowo.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wibowo, Fajar Hadi. 2023. “Pengembangan Media New Travel Game pada Materi Operasi Hitung Pecahan untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas VI SD Negeri Sumbarang Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Pembimbing II Dr. Munadi, M.Si. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kebutuhan media new travel game oleh guru dan siswa, membangun desain media new travel game dan mengetahui efektivitas media new travel game sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian pada materi operasi hitung pecahan bagi siswa kelas VI di SD Negeri Sumbarang, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan menerapkan tiga langkah yaitu; (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Sumbarang, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal pada semester 1 tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan kuesioner. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal, angket validasi konstruk, angket validasi materi, angket respon siswa serta guru dan angket keefektifan. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reabilitas, dan juga uji independent sample T test untuk efektivitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran new travel game dibutuhkan untuk meningkatkan kemandirian siswa. (2) Desain media new travel game merupakan suatu media pembelajaran berupa permainan edukatif yang disajikan sebagai suatu permainan yang terdiri dari dua buah dadu berisi angka pecahan, papan permainan, dan petunjuk penggunaan. (3) Hasil efektivitas media pembelajaran yang diperoleh mempunyai nilai output tes statistic diketahui bahwa nilai asymp. Sig (2 tailed) sebesar 0,028 < 0,05 yang artinya ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemandirian siswa juga mengalami peningkatan sebesar 23% dari yang semula 63% menjadi 86% dari sebelum dan sesudah mengunakan media new travel game. Dari hasil validasi dan uji statistik disimpulkan bahwa media new travel game dinyatakan valid dan efektif untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas VI di SDN Sumbarang pada materi operasi hitung pecahan. Kata kunci: pengembangan, media new travel game, pecahan, kemandirian.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:14
Last Modified: 23 Apr 2024 04:14
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8754

Actions (login required)

View Item View Item