WASIAT, . (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN BARIS – BERBARIS PADA LATIHAN PRAMUKA PENGGALANG UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN DIRI PESERTA DIDIK SMPN 2 SURADADI. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER - BAB 3_WASIAT - Mirza Ghulamudin.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
|
Text
BAB IV - BAB V_WASIAT - Mirza Ghulamudin.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN_WASIAT - Mirza Ghulamudin.pdf Download (1MB) |
Abstract
Wasiat. 2023. ”Implementasi Kegiatan Baris – Berbaris Pada Latihan Pramuka Penggalang Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Diri Peserta Didik Smpn 2 Suradadi.” Magister Pedagogi Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing: (1) Dr. Maufur, M.Pd. (2) Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata Kunci : Kegiatan Baris - Berbaris, Pramuka Penggalang, Disiplin Diri. Kegiatan pramuka mendidik peserta didik dan pemuda Indonesia melalui prinsip dasar dengan metode kepramukaan yang pelaksanaanya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia. Di sekolah terdapat berbagai kegiatan latihan Pramuka, Baris – berbaris merupakan kegiatan latihan dalam pramuka. Baris – berbaris. Baris – berbaris dalam gerakan Pramuka merupakan suatu latihan fisik yang digunakan untuk menanamkan rasa disiplin. Dalam setiap latihan pramuka lebih 10% peserta didik yang kurang disiplin, kurangnya kehadiran, kurangnya kemampuan dalam baris berbaris dan kurangnya disiplin dalam dalam menggunakan atribut dan sepatu hitam dalam setiap latihan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implemtasi, dampak, kendala, cara mengatasi kendala dan mengetahui faktor-faktor yang menunjang kegiatan baris-berbaris pada latihan pramuka penggalang dalam mengembangkan karakter disiplin diri peserta didik SMP N 2 Suradadi. Pada penelitian ini difokuskan dengan pengembangan karakter disiplin diri Pramuka Penggalang di SMP Negeri 2 Suradadi Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui kegiatan latihan baris-berbaris. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Peserta didik SMP Negeri 2 Suradadi Kelas VII dan Kelas VIII yang masih belum disiplin dan pembina Pramuka SMP Negeri 2 Suradadi. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Prosedur pengumpulan data melalui tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Analisis data yang digunakan menggunankan analisis Nvivo. Kesimpulan dipenelitian ini, Peserta didik yang mengikuti kegiatan latihan baris berbaris dalam pramuka menjadi lebih disiplin akibat kegiatan yang diikutinya. Disiplin yang didapatkan peserta didik ditingkatkan melalui komunikasi yang efektif, penegakan aturan, dan peningkatan motivasi sebagai hasil dari keberhasilan materi baris berbaris.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 06:39 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:08 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8776 |
Actions (login required)
View Item |