MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING DI SDLB NEGERI SLAWI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

AJENG DWI AJI, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING DI SDLB NEGERI SLAWI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
01. Halaman Cover sampai Bab 3 - Ajengdwi Aji.docx
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
02. Bab 4 sampai Bab 5 - Ajengdwi Aji.docx
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
03. Daftar Pustaka dan Lampiran - Ajengdwi Aji.docx

Download (8MB)
[img] Text
03. Daftar Pustaka dan Lampiran - Ajengdwi Aji.docx

Download (8MB)

Abstract

Aji, Ajeng Dwi. 2024. “Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Bimbingan Kelompok Berbasis Experiential Learning di SDLB Negeri Slawi Tahun Pelajaran 2023/2024”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Sitti Hartinah, D.S., M.M. Pembimbing II : Renie Tri Herdiani, M.Pd. Kata Kunci: keterampilan sosial, bimbingan kelompok dan experiential learning. Keterampilan sosial merupakan kemampuan seseorang atau warga masyarakat dalam mengadakan hubungan dengan orang lain dan kemampuan memecahkan masalah, sehingga dapat beradaptasi secara harmonis dengan masyarakat di sekitarnya. Namun, disisi lain anak berkebutuhan khusus merupakan anak dengan keterbatasan dalam hal fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik sehingga secara umum keterampilan sosialnya rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Keterampilan sosial anak tunagrahita ringan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis experiential learning, 2) Keterampilan sosial anak tunagrahita ringan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis experiential learning, dan 3) Ada tidaknya peningkatan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus melalui bimbingan kelompok berbasis experiential learning di SDLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-experimental design. Populasi penelitian 16, karena polulasi kurang dari 100 maka peneliti mengambil semua siswa menjadi sampel penelitian. Alat pengumpulan data berupa: kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan Statistik Uji-t (pre-test and post-test one group) menggunakan program software SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat keterampilan sosial anak tunagrahita ringan sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis experiential learning di SDLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 mayoritas memiliki keterampilan sosial dalam kategori sedang (87,50%), 2) Tingkat keterampilan sosial anak tunagrahita ringan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis experiential learning di SDLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 mayoritas memiliki keterampilan sosial dalam kategori tinggi (93,75%), dan 3) Hasil uji paired samples test, diketahui bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus melalui bimbingan kelompok berbasis experiential learning di SDLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024. Saran penulis diharapkan pelaksanaan bimbingan dan konseling mengikuti perkembangan dan mengimplementasi model dan pendekatan yang tepat dalam bimbingan dan konseling di sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:51
Last Modified: 29 May 2024 02:14
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8793

Actions (login required)

View Item View Item