PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING BERBASISWORDWALL MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH MAKHLUK HIDUP PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 ADIWERNA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Ahmad Budi Saptaaji, . (2024) PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING BERBASISWORDWALL MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH MAKHLUK HIDUP PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 3 ADIWERNA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Halaman Depan + Scan ttd,Bab I,II dan III - Ahmad Budi Saptaaji.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV,V - Ahmad Budi Saptaaji.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Ahmad Budi Saptaaji.docx

Download (50kB)

Abstract

Budi Saptaaji, Ahmad. 2024. "Pengembangan Blended Learning BerbasisWordwall Materi Struktur Dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024". Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr.Burhan Eko Purwanto, M.Hum., Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan Model, Blended Learning, Wordwall, Materi Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup, Hasil Belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat model pembelajaran Blended learning berbasis Wordwall yang memiliki kriteria valid serta implimentasinya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hipotesis pada penelitian ini pengembangan perangkat pembelajaran dengan model Blended learning berbasis Wordwall dapat diterapkan pada materi Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna Semester 1 tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan level 3. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Adiwerna Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024, sampel penelitian adalah 320 peserta didik. Sampel dibagi pada masing-masing tahapan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, kuisioner. Kuisioner meliputi angket validasi ahli dan angket peserta didik. Sedangkan untuk pengumpulan data hasil belajar IPA menggunakan teknik tes berupa pre test dan post test. Data perencanaan produk dan penerapan produk dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk deskriptif presentase. Data pada uji lapangan terbatas dan lapangan utama dianalisis dengan membandingkan antara nilai pre test dan post test,.Sedangkan untuk instrumen diuji dengan uji validasi, realibilitas. Hasil analisis perencanaan produk diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat baik atau valid. Pada uji lapangan terbatas, uji lapangan utama dan uji lapangan operasional juga diperoleh adanya peningkatan hasil belajar tersebut diperkuat oleh uji paired t test dan Uji ANOVA setelah memenuhi uji pra analisis yaitu normalitas dan homogenitas yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar dengan menerapkan model Blended learning berbasis Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi tubuh makhluk hidup kelas VIII yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,640. Produk yang dikembangkan oleh peneliti memiliki kriteria yang valid, hal tersebut ditunjukan dari hasil validasi desain produk yang dinilai valid oleh Kepala Sekolah, Pengawas SMP dan Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Tegal

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:51
Last Modified: 24 Apr 2024 01:51
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item