Slamet Riyanto, . (2024) Peran Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri Se Kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
1. TESIS SLAMET R. MP.6 BAB I sd.. BAB III - Slamet Riyanto.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
1. TESIS SLAMET R. BAB. IV DAN BAB. V - Slamet Riyanto.doc Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA S.D. LAMPIRAN - Slamet Riyanto.docx Download (187kB) |
Abstract
Slamet Riyanto. 2023. “Peran Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogi Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri Se Kecamatan Bumijawa”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd. Pembimbing II Dr. Muntoha Nasukha, M.Pd. Kata kunci :. Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Kurikulum Merdeka Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Se Kecamatan Bumijawa, (2) Untuk mengetahui Seberapa besar peran kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Se Kecamatan Bumijawa dan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Se Kecamatan Bumijawa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang data-datanya berhubungan dengan angka. Desain dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauhmana peran kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri Se Kecamatan Bumijawa.Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP Negeri se Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal yang berjumlah 118 orang guru. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil dari uji hipotesis yang telah diungkapkan pada bagian sebelumnya, hasil penelitian antara lain: (1) Kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Se Kecamatan Bumijawa adalah: (a) kemampuan memahami karakteristik peserta didik; (b) kemampuan menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran; (c) kemampuan menguasai kegiatan pembelajaran yang mendidik; (d) kemampuan menguasai pengembangan kurikulum; dan (e) kemampuan mengevaluasi hasil belajar, (2) peran kepala sekolah sebagai educator memperoleh rata-rata 4.37 dengan kategori Sangat baik, peran kepala sekolah sebagai manajer, memperoleh rata-rata 4.00 dengan kategori Baik, peran kepala sekolah sebagai supervisior memperoleh rata-rata sebesar 4.29 dengan kategori Sangat baik, peran kepala sekolah sebagai administrator memperoleh rata-rata 3.93 dengan kategori Baik, peran kepala sekolah sebagai pemimpin memperoleh rata-rata sebesar 4.37 dengan kategori Sangat baik, peran kepala sekolah sebagai inovator memperoleh rata-rata sebesar 4.25 dengan kategori Sangat baik, peran kepala sekolah sebagai motivator memperoleh rata-rata sebesar 4.05 dengan kategori Baik, dan peran kepala sekolah sebagai entrepreneur memperoleh rata-rata sebesar 4.09 dengan kategori Baik, (3) faktor pendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka (1) kebijakan pemerintah yang mendukung, (2) kesiapan sekolah, dan (3) keterlibatan stakeholders. Sedangkan faktor-faktor penghambat pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP Negeri Se Kecamatan Bumijawa: (1) kurangnya pemahaman guru, (2) keterbatasan sarana dan prasarana, (3) tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:03 |
Last Modified: | 29 May 2024 03:11 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8802 |
Actions (login required)
View Item |