ARBI JOHARI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KEBHINEKAAN KELAS X DI SMK PERISTEK PANGKAH. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER sampai BAB 3 - arbi johari.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4-5 Skripsi - arbi johari.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Sampai Lampiran - arbi johari.pdf Download (6MB) |
Abstract
JOHARI, ARBI. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Kebhinekaan Kelas X Di SMK Peristek Pangkah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Wahyu Jati Kusuma, SH, MH Pembimbing II : Drs. Subiyanto, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Video, Pendidikan Pancasila, Materi Kebhinekaan Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menghasilkan video pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila, yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran pada kelas X SMK Peristek Pangkah. (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Peristek Pangkah sehingga layak diterapkan untuk media pembelajaran. Pengembangan video pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Peristek Pangkah ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development yang menghasilkan video pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Kebhinekaan dengan durasi video selama 18 menit. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode milik Allesi and Trollip, yang meliputi 3 langkah pengembangan, : (1) Tahap perencanaan (planning), (2) Tahap desain (design), (3) Tahap pengembangan (development). Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk video pembelajaran yang telah diuji kelayakannya oleh ahli media, ahli materi dan di tanggapi oleh guru dan siswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan hasil dengan kategori sangat baik dengan rincian : (1) uji ahli media persentase tingkat pencapaian 87% berada pada kualifikasi baik (2) uji ahli materi mendapatkan persentase tingkat pencapaian 91% berada pada kualifikasi sangat baik (3) uji skala kecil oleh siswa mendapatkan hasil Rerata presentase media video pembelajaran sebesar 90,5% berada pada kualifikasi sangat baik, (4) uji skala besar oleh siswa mendapatkan hasil Rerata presentase media video pembelajaran sebesar 89,6% berada pada kualifikasi baik dan (5) tanggapan guru mata pelajaran mendapatkan hasil persentase tingkat pencapaian 90% berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Peristek Pangkah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:26 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:40 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8806 |
Actions (login required)
View Item |