ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 2 SLAWI KABUPATEN TEGAL

Ropiyah, . (2024) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 2 SLAWI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 - Ropiyah -.doc
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB 4-5 - Ropiyah -.doc
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - Ropiyah -.docx

Download (88kB)

Abstract

Ropiyah. 2023. “Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMK Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Kata kunci :. Kesiapan guru, Kurikulum Merdeka Tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka, (2) Mengetahui seberapa besar kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal, dan (3) Mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal. Penelitian ini dilaksanakan memakai pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif ialah suatu pendekatan penelitian yang pada hakikatnya itu penafsiran yang memakai angka mulai dari penyatuan data, perhitungan pada data, beserta penampilan dan hasilnya. Adapun teknik penelitian yang peneliti gunakan adalah survey. Survey ialah penelitian yang diambil dari sampel suatu populasi dan memakai kuesioner sebagai akumulasi data utama. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 2 Slawi, (2) Mengetahui seberapa besar kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 2 Slawi, dan (3) Mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah didapatkan, maka dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut: (1) pemahaman struktur kurikulum rata-rata 3.47 dan persentase 86.78% sangat baik, (2) kesiapan modul ajar rata-rata 3.22 dan presentase 80.49% (cukup), (3) kesiapan proses pembelajaran rata-rata 3.51 dan presentase 87.70% (baik), (4) kesiapan penilaian pembelajaran (asesment) rata-rata 3.20 dan presentase 79.96% (cukup), dan (5) kesiapan sarana dan prasarana. rata-rata 3.19 dan presentase 79.76% (cukup). Sedangkan Faktor-faktor yang mendukung implementasi kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi antara lain: (1) Komitmen kepala sekolah dan guru untuk mengimplementasikan kurikulum Merdeka. (2) Dukungan orang tua siswa di SMK Negeri 2 Slawi terhadap implementasi kurikulum Merdeka. (3) Fasilitas dan prasarana yang memadai untuk mendukung implementasi kurikulum Merdeka. (4) Karakteristik siswa yang sesuai dengan kurikulum Merdeka. Sementara itu, faktor-faktor yang menghambat implementasi kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Slawi antara lain: (1) Kurangnya pemahaman guru tentang kurikulum Merdeka. (2) Kurangnya pelatihan dan pendampingan, (3) Tekanan waktu yang tinggi. (4) Ketersediaan anggaran yang terbatas.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:27
Last Modified: 29 May 2024 03:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8818

Actions (login required)

View Item View Item