FAKTOR DETERMINASI PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP RENDAHNYA CAPAIAN HASIL PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT)

GunawanAdibAchmadi, . (2024) FAKTOR DETERMINASI PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP RENDAHNYA CAPAIAN HASIL PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
kirim 1 - Adib Achmadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
kirim 2 - Adib Achmadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
kirim 3 - Adib Achmadi.docx

Download (66kB)

Abstract

GunawanAdibAchmadi, 2023. “FAKTOR DETERMINASI PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP RENDAHNYA CAPAIAN HASIL PISA (PROGRAMME FOR INTERNATIONAL FOR STUDENT ASSESMENT)”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana.UniversitasPancasaktiTegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd., Pembimbing II Dr. Basukiyanto, M.Pd. Program PISA (Programme for International Student Assessment) yang diinisiasi oleh negara OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) telahberhasilmendorongbanyak negara melakukanpenyesuaisasnsistempendidikannya, takterkecuali Indonesia. Tiga kali perubahankurikulumsejak Indonesia masuk OECD, hasilrilis PISA menjadi salah satudasarpertimbangan. KetigaperubahankurikulumtersebutadalahKurikulumBerbasisKompetensi (KBK), Kurikukum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13/Kurtilas). Perubahankurikulum yang meskipundidoronghasil PISA, capaianmutu Pendidikan Indonesia masihjauhdariharapan. Hasil PISA sepanjang 18 tahun dan dilaksanakansebanyaktujuh kali tidakmemberikanhasil yang signifikan. Posisi Indonesia selaluberada di urutanbawah dan selaluberadajauh di bawah rata-rata negara peserta OECD. Keadaaninimenjadiperhatianpenelitianinidenganajuanpertanyaanmengapaperubahankurikulumtidakmeningkatkanmutu Pendidikan yang ditunjukkanhasil PISA. TujuanPenelitianpertama, untukuntukmengetahuifaktordeterminasiapasajadaripenyebabrendahnyacapaianhasil PISA. Kedua, untukmengetahuirekomendasiapasaja yang diperlukanuntukmelakukanperbaikanmutu Pendidikan, utamanyadalammeningkatkancapaianhasil PISA.Penelitianinimenggunakanmetodekualitatif, melaluiwawancaranarasumber yang kompetenuntukmemberikanjawabanatasmasalah. Hasil penelitianmenunjukanbahwafaktordeterminasimengapaperubahankurikulumtidakmeningkatkanmutupendidikanadalah guru, kurikulum dan jenjangpendidikan. Faktor guru berkaitandengankompetensi guru yang rendahutamanya pada penguasaanpedagogi. Faktorkurikulumberkaitandenganbanyaknyajumlahmatapelajaran, besarnyakegiataanadministrasi dan banyaknya target yang harusdiselesaikansehinggamempersempitruanggerak guru. Sedangkanfaktorjenjang Pendidikan adalahadanyajalur Pendidikan yang takproporsional. Hanyaadasatupilihan pada jenjangsekolahmenengah (SMP) yang tidaksemuasiswamampu dan minatdidalamnya. Berkumpulnyaseluruhsiswasiswadalamsatujalurpendidikanmembuatmutu Pendidikan rendahkarenamereka yang mampu dan takmamputergabungjadisatu. Kata Kunci: Kurikulum, Perubahankurikulum, PISA

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:02
Last Modified: 29 May 2024 06:13
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item