TIYAH NUR AENI, . (2024) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 PEMALANG TAHUN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB 1-BAB 3 - Tyaa Nur Aeni.docx Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
|
Text
BAB 4-5 - Tyaa Nur Aeni.docx Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
BAB 4-5 - Tyaa Nur Aeni.docx Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Tyaa Nur Aeni.docx Download (2MB) |
Abstract
AENI, TIYAH NUR. 2023. Pengaruh Interaksi dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas XI IPS 1 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun 2022/2023).Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Beni Habibi, M.Pd Pembimbing II : Tomi Azami, M.Pd Kata Kunci: Interaksi Edukatif, Lingkungan Sekolah, Kecerdasan interpersonal Pokok permasalahan penelitian ini yaitu interaksi edukatif pada siswa yang kurang maksimal begitupun interaksi dalam lingkungan sekolah karena siswa cenderung memiliki kecerdasan interpersonal yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh interaksi edukatif terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SMA Negeri 2 Pemalang, 2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SMA Negeri 2 Pemalang, 3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh interaksi edukatif dan lingkungan sekolah terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SMA Negeri 2 Pemalang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian korelasi asosiatif, karena dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yang berungsi untuk menanyakan hubungan antara variabel tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Pemalang berjumlah 143 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan total sampel sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa interaksi edukatif memiliki pengaruh terhadap kecerdasan interpersonal siswa sebesar 35,4%. Lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap kecerdasan interpersonal siswa sebesar 36,3%. Interaksi edukatif dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap kecerdasan interpersonal siswa sebesar 44,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan mampu memahami serta bersosialisasi dengan guru, peserta didik lainnya, dan lingkungan sekolah
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:08 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:27 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8848 |
Actions (login required)
View Item |