STRATEGI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KERJA PEMERINTAH KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2023

Aji Jaka Purnomo, . (2024) STRATEGI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KERJA PEMERINTAH KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKIRPSI Aji Jaka Purnomo BAB 1-4 - aji jaka.docx

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI Aji Jaka Purnomo BAB 5-6 - aji jaka.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN Aji Jaka Purnomo - aji jaka.docx

Download (19kB)

Abstract

Aji Jaka Purnomo. 2117500014. STRATEGI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM KERJA PEMERINTAH KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2023. Transparansi untuk penyebaran informasi dibutuhkan pemanfaatan media komunikasi dan sarana pemerintah sehingga masyarakat dalam mengimplementasikannya mampu menerima, mengetahui, memahami, sekaligus mendukung program yang berkenaan dengan kebijakan pemerintah. Berdasarkan uraian di atas Diskominfo dipandang sebagai salah satu perpanjangan Pemerintah yang memiliki tugas dan fungsi untuk melayani masyarakat dalam hal penyebaran informasi. Selain itu, Diskominfo harus mampu menjadi penghubung antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka mewujudkan penyebarluasan program atas sejumlah kebijakan Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam mensosialisasikan program kerja pemerintah Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian meliputi Kepala Diskominfo, Sekretaris, Pranata Humas dan beberapa Wartawan. Hasil perolehan data dilakukan analisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan strategi Diskominfo adalah Mengelola Relasi yang mana Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang telah menjalin relasi sekitar 56 media di Kabupaten Pemalang, tidak hanya tim media namun seluruh anggota pegawai menjalankan tugas dalam menjalin hubungan baik dengan pihak wartawan. Kedua Mengembangkan Strategi Youtube, Instagram, Facebook, dan website resmi Pemerintah Kabupaten Pemalang. Instagram dan Youtube inilah yang memiliki pengaruh besar dari penyebaran informasi di Kabupaten Pemalang. Ketiga Mengembangkan Jaringan di era distrupsi digital ini Diskominfo Kabupaten Pemalang menggandeng 41 pegiat media sosial untuk bekerjasama dalam penyebaran informasi. Kata kunci : strategi, sosialisasi, Diskominfo Kabupaten Pemalang

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:54
Last Modified: 08 Aug 2024 06:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8925

Actions (login required)

View Item View Item