ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BREBES

MELINDA OESMAN, . (2024) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-Bab 3_Melinda Oesman_120600019_PMTK - Melinda Oesman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4-Bab 5_Melinda Oesman_1720600019_PMTK - Melinda Oesman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
dapus-lampiran_Melinda Oesman_1720600019_PMTK (2) - Melinda Oesman.pdf

Download (7MB)

Abstract

Oesman, Melinda. 2024. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Brebes. Skripsi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Shaefur Rokhman, M.Si Pembimbing II : Ahmadi, S.Pd., M.Si Kata kunci : Analisis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Materi Statistika, dan Minat Belajar Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada materi statistika yang ditinjau dari minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas X E-8 SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2023/2024, yang terpilih dari masing-masing kategori minat belajar dan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil angket minat belajar dan hasil tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Teknik Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) siswa minat belajar tinggi dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis lisan atau tulisan karena siswa mampu memenuhi lima indikator dengan baik, 2) siswa minat belajar tinggi dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis lisan atau tulisan karena pada indikator ke-5 siswa tidak menuliskan kesimpulan dari hasil yang dikerjakan , 3) siswa minat belajar sedang dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi lima indikator kemampuan komunikasi matematis lisan atau tulisan karena siswa mampu memenuhi lima indikator dengan baik, 4) siswa minat belajar sedang dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis lisan atau tulisan karena pada indikator ke-5 siswa tidak menuliskan kesimpulan dari hasil yang dikerjakan, 5) siswa minat belajar sedang dengan kemampuan komunikasi matematis rendah memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis lisan atau tulisan karena pada indikator ke-4 siswa tidak menuliskan cara penyelesaiannya hanya menuliskan jawabannya saja, dan pada indikator ke-5 siswa tidak menuliskan kesimpulan dari hasil yang dikerjakan, dan 6) siswa minat belajar rendah dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis lisan atau tulisan karena pada indikator ke-5 siswa tidak menuliskan kesimpulan dari hasil yang dikerjakan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:42
Last Modified: 12 Aug 2024 06:42
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8941

Actions (login required)

View Item View Item