Windiawan, . (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI SE KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
1. TESIS WINDIAWAN NPM 7322800048 TESIS (COVER-BAB 3) - Windiawan.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. TESIS WINDIAWAN NPM 7322800048 TESIS (BAN IV- BAB V) - Windiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
|
Text
3. TESIS WINDIAWAN NPM 7322800048 TESIS (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN) - Windiawan.pdf Download (3MB) |
Abstract
Windiawan. 2024. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri se Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS.,MM., M.Pd. Pembimbing II Dr. Beni Habibi, M.Pd. Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, (2) Pengaruh motivasi kerja kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal dan (3) Pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri se Kecamatan Bumijawa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif melalui survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 78 guru di 50 SD Negeri di Kecamatan Bumijawa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1) pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional dan kinerja guru (t = 14.194, p < 0.05). (2) motivasi kerja kepala sekolah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru (t = 1.268, p > 0.05). (3) Kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru di SD Negeri se Kecamatan Bumijawa. Hal ini di dasarkan pada uji regresi dimana Nilai F adalah 902.052 dengan nilai signifikansi (p-value) 0.000. Karena nilai p-value jauh lebih kecil dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi secara keseluruhan Kesimpulan penelitian ini adalah (1) penting bagi kepala sekolah untuk mengembangkan gaya kepemimpinan transformasional yang dicirikan oleh visi yang jelas, kemampuan memotivasi dan menginspirasi guru, fokus pada pengembangan guru, dan pengambilan keputusan yang partisipatif. (2) penting bagi kepala sekolah untuk memiliki motivasi kerja yang tinggi untuk dapat menjalankan tugasnya secara efektif dan meningkatkan kinerja guru, (3) Motivasi Kepala Sekolah dan Kepemimpinan Transformasional) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (Kinerja Guru)
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:37 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8950 |
Actions (login required)
View Item |