ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILADALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL

ANIEQ NURBANI, . (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILADALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TALANG KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3_ANIEQ NURBANI_Magister Pedagogi - Anieq Nurbani.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4_BAB 5 FIX - Anieq Nurbani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_LAMPIRAN fix - Anieq Nurbani.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anieq Nurbani. 2024.”Analisis Implementasi Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian di Sekolah Dasar Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M. Pd., Pembimbing II Dr. Dewi Apriani Fr., MM. Kata Kunci: Analisis implementasi, Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Kemandirian dan kreativitas Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, kemandirian dan kreativitas peserta didik tidak dapat tumbuh begitu saja, akan tetapi perlu adanya dorongan atau stimulus yang diberikan baik dari wali murid, guru maupun lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi, tantangan, tindakan dan refleksi yang dilakukan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Karena meneliti permasalahan tentang proses atau interaksi sosial. Metode yang digunakan peneliti adalah observasi dan wawancara. Sebnyak 4 Kepala Sekolah, 8 guru dan 40 siswa menjadi sampling dari empat SD yang masing – masing SD ada Kepala Sekolah, 2 guru dan 5 siswa yang di wawancarai. Tempat penelitian merupakan sampel empat SD beradasarkan letak geografis dan perwakilan dari masing masing daerah binaan (Dabin) yang ada di Koordinator Wilayah Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui proses data reductios, data display dan conclusiondrawing/ verivication berbantuan Nvivo versi 12. Hasil penelitian menemukan bahwa guru yang mengajar di SD Negeri di Kecamatan Talang Kabupaten Tegal melakukan berbagai cara untuk menumbuhkan kemandirian dan kreativitas peserta didik di lingkungan sekolah seperti mempelajari lebih dalam tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila agar lebih fleksibel dalam memilih model, metode, bekerjasama dengan guru lain dan melakukan pendampingan pada peserta didik. Tindakan yang dilakukan oleh guru SDN di wilayah Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal untuk mengatasi tantangan yang ditemui dalam implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu: bekerja sama dengan wali murid, mempelajari lebih dalam tentang Pojek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, bekerja sama dengan guru lain, dan melakukan pendampingan pada peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:50
Last Modified: 12 Aug 2024 07:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8952

Actions (login required)

View Item View Item