FADHILAH, RIDHO ARGA (2024) PERENCANAAN PERKERASAN JALAN BETON (RIGID PAVEMENT) BERDASARKAN ANALISIS KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN RAYA PACUL, KABUPATEN TEGAL). Skripsi thesis, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Sipil.
Text
1. Cover - BAB 3 - Ridho Arga Fadhilah.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB 4 - BAB 5 - Ridho Arga Fadhilah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
3. Daftar Pustaka - Lampiran - Ridho Arga Fadhilah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ridho Arga Fadhilah, 2024 “Perencanaan Perkerasan Jalan Beton (Rigid Pavement) Berdasarkan Analisis Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus : Ruas Jalan Raya Pacul, Kabupaten Tegal)” Laporan Skripsi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Pancasakti Tegal 2024. Lalu lintas dan Jalan merupakan interaksi antara infrastruktur jalan dan pergerakan kendaraan serta pejalan kaki sebagai penunjang aktivitas masyarakat. Jalan Raya Pacul, Desa Pacul, Kec. Talang, Kab. Tegal merupakan jalan kabupaten dengan fungsi Jalan Kolektor Skunder. Dari segi struktur pada ruas jalan raya pacul masih menggunakan perkerasan lentur yang mana perkerasan tersebut kurang tepat untuk digunakan, banyaknya truk yang melintas dengan muatan berat menyebabkan rusaknya jalan dan umur aspal tidak tahan lama. Dilihat dari segi lalu lintas ruas jalan raya pacul memiliki lebar jalan masih kurang lebar yang dapat menyebabkan tundaan kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas. Untuk itu penulis merekomendasikan perencanaan jalan menggunakan rigit pavement dengan mempertimbangkan kinerja ruas jalan eksisting serta dengan kinerja ruas jalan pada tahun rencana, disisi lain banyak ditemukannya jalan yang rusak dan lebar jalan yang kurang memadahi. Harapannya penelitian ini mendapatkan spesifikasi atau komposisi jalan yang diperlukan sampai 40 tahun yang akan datang. Perencanaan jalan diawali dengan analisis kinerja ruas jalan kondisi eksisting, tanpa penanganan 2064, dan dengan penanganan 2064 menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 yang dimana metode tersebut merujuk pada karakteristik jalan indonesia. Selanjutnya untuk menentukan perkerasan jalan menggunakan metode Bina Marga 2017 untuk mendapatkan hasil ketebalan perkerasan yang diperlukan dan struktur jalan yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Analisis kinerja ruas jalan pada kondisi eksisting dengan V/C Rasio tertinggi 0,51 mendapat LOS C, sedangkan tanpa penanganan dengan V/C Rasio tertinggi 0,8 mendapat LOS D, dan dengan penanganan mendapatkan dengan V/C Rasio tertinggi 0,45 mendapat LOS C . Didapatnya nilai V/C Rasio 0,45 dengan penanganan 2064 perlu dilakukannya penambahan kapasitas jalan. Dengan terkumpulnya data dari tingkat pertumbuhan lalu-lintas tahunan, beban sumbu standar kumulatif, penentuan tipe perkerasan dan juga data pendukung lainnya direncanakan umur rencana selama 40 tahun. Perencanaan tebal perkerasan jalan menggunakan jalan kaku atau rigid pavement. Perhitungan dilakukan dengan parameter yang akan mendapatkan hasil tebal perkerasan kaku untuk jalan raya pacul yang mengacu pada pedoman Manual Desain Perkerasan Kaku 2017. Komposisi tebal perkerasan kaku jalan raya pacul, menggunakan Tebal pelat beton 275 mm, dengan ukuran panjang dowel 450 mm, diameter dan jarak dowel Ø36 mm – 300 mm dan menggunakan panjang tie bar 1454 mm, diameter dan jarak tie bar Ø36 – 600 mm, sehingga perkerasan kaku lebih tepat digunakan untuk Jalan Raya Pacul. Kata Kunci : Volume lalu lintas, kinerja jalan, perkerasan kaku
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil |
Depositing User: | admin repository upstegal |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:14 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 04:14 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9236 |
Actions (login required)
View Item |