ALFIYAH, . (2024) PENGARUH METODE FOKUS GROUP DISCUSSION (FGD) DAN PERILAKU INOVATIF GURU PAUD TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB I-3_Alfiyah_MP7c - Alfiyah Alfiyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB I-3_Alfiyah_MP7c - Alfiyah Alfiyah.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV-V_Alfiyah_compressed_compressed - Alfiyah Alfiyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
Daftar pustaka-lampiran - Alfiyah Alfiyah.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Alfiyah. 2024. Pengaruh Metode Fokus Group Discussion (FGD) Dan Perilaku Inovatif Guru PAUD Terhadap Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Tity Kusrina, M.Pd. Pembimbing II Dr. Muntoha Nasukha, M.Pd. Kata kunci : Fokus Group Discussion (FGD), Perilaku Inovatif, Modul Ajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh (1) metode Fokus Group Discussion terhadap kemampuan mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka, (2) perilaku inovatif guru terhadap kemampuan mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka, dan (3) interaksi antara metode Fokus Group Discussion (FGD) dengan perilaku inovatif guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Penelitian ini jenis penelitian kuantitatif yang meneliti populasi atau sampel tertentu, menggunakan alat ukur (instrumen) penelitian dan analisis data kuantitatif/statistik untuk menguji dan membuktikan hipotesis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Hasil Penelitian: (1) Metode Fokus Group Discussion (FGD) berpengaruh terhadap kemampuan mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Nilai Signifikansi (0,011) < α (0,05): Tolak H0. Artinya, ada bukti statistic untuk menyimpulkan bahwa Focus Group Discussion (FGD) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengembangkan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. (2) Perilaku inovatif guru berpengaruh terhadap kemampuan mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Nilai Signifikansi (0,000) < α (0,05): Artinya, ada bukti statistik untuk menyimpulkan bahwa Perilaku Inovatif Guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan modul ajar Kurikulum Merdeka. (3) Interaksi antara metode Fokus Group Discussion (FGD) dengan perilaku inovatif guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan mengembangkan modul ajar kurikulum merdeka. Nilai uji F = 176.453 dan sig. = .000 menunjukkan bahwa model regresi secara keseluruhan sangat signifikan dalam menjelaskan variabilitas Pengembangan Modul Ajar. Dengan kata lain, dua prediktor (Perilaku Inovatif Guru dan FGD) memiliki pengaruh sigifikan terhadap Pengembangan Modul Ajar. Kurikulum Merdeka membawa paradigma baru dalam pembelajaran di Indonesia, dan hal ini berimplikasi pada pengembangan modul ajar yang juga mengalami perubahan dan penyesuaian. Metode Fokus Group Discussion (FGD) dan perilaku inovatif guru memiliki peran penting dalam pengembangan modul ajar Kurikulum Merdeka yang efektif dan berkualitas
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 03:12 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 03:12 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9267 |
Actions (login required)
View Item |