PENGEMBANGAN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN IPAS SEMESTER GENAP SISWA KELAS IV BERBASIS MODEL RASCH TINGKAT SEKOLAH DASAR

Sudiryo, , (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN IPAS SEMESTER GENAP SISWA KELAS IV BERBASIS MODEL RASCH TINGKAT SEKOLAH DASAR. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-Bab.3 - SUDIRYO S.Pd.SD..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
TESIS _SUDIRYO (Bab 4-5) - SUDIRYO S.Pd.SD..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Lampiran - SUDIRYO S.Pd.SD..pdf

Download (8MB)

Abstract

Sudiryo, 2024. “Pengembangan Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran IPAS Semester Genap Siswa Kelas IV Berbasis Model Rasch Tingkat Sekolah Dasar”. Magister Pedagogi Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS., MM. (2) Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Pembelajaran merupakan satu proses pembentukan karakter siswa baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik. Hal yang selalu menjadi fokus guru dalam melaksanakan proses pembelajaran adalah bagaimana agar siswa paham dan menerima materi yang disampaikan dengan baik. Salah satu cara untuk mengukur ketercapaian pemahaman siswa adalah dengan melakukan asesmen formatif di akhir pembelajaran. Asesmen yang dilaksankan guru sering kali tidak memperhatikan aspek sejauh mana soal yang digunakan mampu mengukur keterampilan berpikir siswa tingkat tinggi (High Order Thinking Skills).Soal yang ada lebih mengedepankan pada pengertian suatu istilah dalam bidang ilmu, belum menggalih lebih dalam penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru tingkat SD belum melakukan analisis butir soal menggunakan model tertentu (Rasch). Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis kebutuhan guru dan siswa terkait pengembangan asesmen HOTS mata pelajara IPAS kelas IV, 2) mengetahui desain pengembangan asesmen HOTS mata pelajaran IPAS kelas IV, 3) menguji validitas butir tes pada aspek isi dan aspek psikometri, serta 4) menguji validitas konstruk butir tes berbasis model Rasch. Penelitian dilakukan menggunakan desain penelitian dan pengembangan dalam membangun butir tes HOTS mata pelajaran IPAS tingkat Sekolah Dasar. Butir tes disusun, selanjutnya diuji validitasnya. Pengujian validitas meliputi uji validitas aspek isi, psikometri, serta konstruk. Uji validitas isi dan psikometri yang dilakukan oleh ahli menyatakan bahwa butir tes yang disusun layak untuk diuji cobakan. Selanjutnya, butir tes diujicobakan kepada 153 peserta siswa dari 5 sekolah sampel di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Talang Kabupaten Tegal. Hasil uji coba tes diuji validitas konstruk menggunakan pemodelan Rasch dengan r programming 4.3.3 yang meliputi uji validitas konstruk aspek isi, substansi, struktural, eksternal dan Konsekuensial. Hasil validitas konstruk dengan pemodelan Rasch sebagai berikut: (1) Tingkat kesukaran butir berada pada range -5 hingga 5, artinya butir-butir tes tersebut cocok untuk semua kemampuan peserta tes, (2) Pada taraf kepercayaan 95%, ada 19 butir yang cocok dengan pemodelan, (3) Pada taraf kepercayaan 95% sebanyak 93,46% respons siswa cocok dengan pemodelan, (4) Pada taraf kepercayaan 100%, tidak ada butir yang mengandung DIF. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan instrumen soal HOTS mata pelajaran IPAS tingkat SD yang disusun layak digunakan untuk mengukur kemampuan HOTS siswa secara valid berdasarkan pemodelan Rasch. Kata kunci: Asesmen, HOTS, IPAS, ADDIE, model Rasch

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Sep 2024 06:11
Last Modified: 18 Sep 2024 06:11
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9281

Actions (login required)

View Item View Item