Kholikin, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUKAN MEDIA ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATERI BANGUN RUANG DI SD NEGERI KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
TESIS BAB I-III - kholikin.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
TESIS BAB IV-V - kholikin.docx Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
|
Text
TESIS Daftar Pustaka+Lampiran - kholikin.docx Download (4MB) |
Abstract
Kholikin, 2024 “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantukan Media Animaker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang di SD Negeri Sitail Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Pembimbing II Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Animaker, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran materi bangun ruang, (2) mengetahui hasil pengembangan media berbantu media Animaker dalam pembelajaran materi bangun ruang, dan (3) mengetahui hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sitail Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal pada materi bangun ruang mengunakan media pembelajaran berbantu media Animaker. Peneltian ini menggunakan model penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Jenis produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran Animaker pada materi bangun ruang. Desain penelitian pengembangan media pembelajaran yang dilakukan merujuk pada pengembangan ADDIE yang dimofifikasi menjadi ADD (Analisis, Desain dan Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pengembangan media pembelajaran materi bangun ruang siswa menggunakan tahapan analisis, desain dan pengembangan. Pada tahapan analisis terdiri dari analisis kebutuhan siswa, analisis karakteristik siswa dan analisis materi pembelajaran. Pada tahapan desain atau perancangan terdiri dari pemilihan format media dan pengembangan Storyboard. Sedangkan pada tahapan pengembangan terdiri dari validasi ahli materi bangun ruang berbantu animaker, validasi ahli bahasa, validasi ahli media dan validasi isi instrumen butir soal. Pengembangan media berbantu media Animaker dalam pembelajaran materi bangun ruang siswa SD kelas VI SD Negeri Sitail Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal melibatkan ahli dalam memvalidasi instrumen. Kesimpulan validasi ahli materi bangun ruang berbantu animaker penilai I memperoleh nilai 85.00 (layak) sedangkan pennilai II memperoleh nilai 88.75 (sangat layak), validasi ahli bahasa penilai memperoleh nilai 85 (layak) dan penilai II memperoleh nilai 90 (Sangat Layak), validasi ahli media penilai I memperoleh nilai 85.00 (layak) dan penilai II memperoleh nilai 83.75 (layak). Sedangkan validasi isi instrumen butir soal penilai memperoleh nilai 81.25 (layak) dan penilai II memperleh nilai 84.37 (layak). Hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sitail Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal pada materi bangun ruang mengunakan media pembelajaran berbantu media Animaker memperoleh rata-rata penilaian harian sebesar 80.40. Jumlah siswa tuntas sebanyak 23 siswa dari 25 siswa, sedangkan persentase ketuntasan sebesar 92%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 06:33 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 06:33 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9285 |
Actions (login required)
View Item |