Endang Sulistiyarini, . (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI SDN BUMIJAWA 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB III TESIS-ENDANG SULISTIYARINI_7322800055_PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH - Endang Sulistiyarini.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV-BAB V TESIS-ENDANG SULISTIYARINI_7322800055_PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH - Endang Sulistiyarini.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka TESIS-ENDANG SULISTIYARINI_7322800055_PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH - Endang Sulistiyarini.pdf Download (4MB) |
Abstract
Endang Sulistiyarini. 2024. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di SDN Bumijawa 01 Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof.Dr. Sitti Hartinah Ds. M.M. Pembimbing II Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Kata kunci : Peran Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Mutu Sekolah Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui peran kepemimpinan Kepala Sekolah di SDN Bumijawa 01, (2) Untuk mengetahui seberapa besar peran LEMOS (leader, Edukator, Motivator, Supervisi) kepala sekolah terhadap peningkatan Mutu Sekolah SDN Bumijawa 01 dan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan tantangan dalam meningkatkan Mutu Sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif tersebut dilakukan untuk memperoleh gambaran secara mendalam tentang implementasi leadership yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan kendala serta solusi menyelesaikannya di SDN Bumijawa 01 sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan mutu sekolah, baik mutu dalam bidang akademik maupun bidang nonakademik. Penelitian kualitatif ini berakar pada latar alamiah sebagai keutuhan, dan mengandalkan manusia sebagai alat penelitian.Jenis penelitian menggunakan jenis fenomenologi. Desain dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauhmana peran Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu sekolahannya. Teknik penelitian meliputi, prapenelitian, menyusun instrumen dan melaksanakan pengumpulan data, menganalisis data dan mengecek keabsahan data. Teknik pengumpulan datanya Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Peran kepala sekolah memiliki kontribusi besar dalam menentukan keberhasilan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan sendiri tidak lepas dari kerjasama semua pihak, oleh sebab itu kemampuan kepala sekolah dalam memotivasi dan melakukan inovasi di semua bidang pendidikan baik dalam kegiatan intra maupun ekstra sekolah menjadi bagian yang di prioritaskan, Kepala sekolah harus bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi pendidikan, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemiliharaan sarana dan prasarana. Mutu sekolah adalah kemampuan lembaga pendidikan dalam mendayagunakan sumber-sumber pendidikan untuk meningkatkan kemampuan belajar secara optimal. Dalam konteks pendidikan, pengertian kualitas atau mutu mengacu pada proses pendidikan dan hasil pendidikan. Kualitas sekolah merupakan kemampuan sekolah dalam mengembangkan ide dinamis yang meliputi input, process, output dan outcame. Beban kerja Kepala Sekolah untuk melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi kepada Guru dan tenaga kependidikan. Kepala sekolah berperan sebagai EMASLIM (Educator/pendidik, Manajer /pengelola, Supervisor/pengamat, Leadership/pemimpin, Inovator dan Motivator). Hasil Penelitian Kepala sekolah sudah melaksanakan Perannya
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:40 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 03:40 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9306 |
Actions (login required)
View Item |