Tiara Senja Larassati, . (2024) PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TOKO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO MAINAN ANAK OYENTOYS & ABITTOYS TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
TESIS TIARA SENJA LARASSATI MAGISTER MANAJEMEN_BAB 1-3 - Larassati.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
TESIS TIARA SENJA LARASSATI MAGISTER MANAJEMEN_BAB 4-5 - Larassati.docx Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
|
Text
TESIS TIARA SENJA LARASSATI MAGISTER MANAJEMEN_PUSTAKA.. - Larassati.docx Download (439kB) |
Abstract
Bisnis mainan adalah salah satu bisnis ritel yang sangat menguntungkan, oleh sebab itu perusahaan perlu mempunyai strategi yang mampu mempertahankan, meningkatkan kualitas pembelian dan memperbesar pangsa pasarnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi toko terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian di toko mainan anak Oyentoys&Abittoys Tegal. Penelitian ini dilakukan di toko mainan Oyentoys&Abittoys Tegal selama satu tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan instrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi penelitian ini yaitu seluruh orang yang ditemui, baik pelanggan/konsumen maupun masyarakat baik yang melakukan pembelian atau tidak, dan diambil sampel sebanyak 100 responden dengan margin error 10%. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument (uji validitas dan reliabilitas), statistik deskriptif, dan analisis kuantitatif. Teknik analisis data dengan SmartPLS ( Partial Least Square). Berdasar pada hasil analisis yang diujikan, maka diambil beberapa kesimpulan yakni: Persepsi harga dan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan dan lokasi toko berpengaruh terhadap keputusan pembelian, persepsi harga dan lokasi toko berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, serta keputusan pembelian tidak mampu memediasi pengaruh persepsi haga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi toko merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai statistic sebesar nilai t statistics sebesar 13,140 lebih besar dari t tabel = 1,96 dan juga P values sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05. Lokasi toko juga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen nilai t statistics sebesar 1.969 lebih besar dari t tabel = 1,96 dan juga P values kecil 0,049 lebih besar dari 0,05. Lokasi toko juga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian sebagai pemediasi ditunjukkan dengan hasil nilai t statistics sebesar 2.058 dimana lebih besar dari t tabel = 1,96 dan juga P values sebesar 0,041 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan Variabel yang paling kecil pengaruhnya adalah variabel kualitas produk dengan nilai t statistics sebesar 0,717 lebih kecil dari t tabel = 1,96 dan juga P values sebesar 0,474 lebih besar dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka saran yang dapat diberikan untuk toko mainan Oyentoys&Abittoys adalah dengan mengoptimalisasi lokasi toko karena merupakan variabel paling berpengaruh, namun dengan tetap meningkatkan kualitas pelayanan, penyempurnaan strategi harga dan meningkatkan kualitas produk. Selain itu, toko perlu melakukan pengukuran kepuasan konsumen yang lebih mendalam, melakukan segmentasi konsumen dan tetap memperhatikan keberadaan pesaing agar konsumen tetap loyal terhadap toko ini.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:30 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:30 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9317 |
Actions (login required)
View Item |