PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KEGIATAN KKG TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL

Susanto, . (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN KEGIATAN KKG TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
01 FILE I TURNITINE - Susanto Bayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
02 FILE 2 TURNITINE - Susanto Bayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
03 FILE 3 TURNITINE (1) - Susanto Bayu.pdf

Download (3MB)

Abstract

Susanto. 2024. “Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Kegiatan KKG terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS.,MM., M.Pd. Pembimbing II Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd. Kata kunci :. Supervisi Akademik, Kegiatan Kelompok Kerja Guru, Profeionalisme Guru Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh (1) supervisi kepala sekolah terhadap profesionalisme guru, (2) kegiatan KKG terhadap Profesionalisme guru (3) supervisi Kepala sekolah dan kegiatan KKG terhadap profesionalisme guru sekolah dasar di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dimana penelitian berfokus pada data numerik yang dapat diukur dan dianalisis secara statistik. Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang menggunakan data numerik untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data ini dikumpulkan melalui survei. Metode survei adalah metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mengumpulkan data dari sampel populasi yang besar. Data ini dikumpulkan melalui kuesioner, baik secara langsung, maupun online. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Supervisi kepala sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profesionalisme guru. Hasil survei menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan variabel independen X1 dengan variabel dependen karena nilai p-value uji t untuk X1 sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa supervisi akademik kepala sekolah diterima dengan baik oleh mayoritas guru. Hal ini menunjukkan bahwa supervisi akademik memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, (2) Kegiatan KKG memberikan pengaruh yang positif terhadap profesionalisme guru. Hasil survei menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen X2 dengan variabel dependen karena nilai p-value uji t untuk X2 sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05. (3) Supervisi kepala sekolah dan kegiatan KKG merupakan dua elemen penting dalam meningkatkan profesionalisme guru. Hasil survei menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen secara bersama-sama dengan variabel dependen karena nilai p-value uji F (Sig. F Change) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:30
Last Modified: 24 Sep 2024 02:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9318

Actions (login required)

View Item View Item