PENERAPAN METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PAUD FORMAL TK PERTIWI LOSARI KIDUL KABUPATEN BREBES

KAMILA, . (2024) PENERAPAN METODE GERAK DAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PAUD FORMAL TK PERTIWI LOSARI KIDUL KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER TESIS - Kamila Chimil.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV BAB V - Kamila Chimil.docx
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan lampiran - Kamila Chimil.docx

Download (870kB)

Abstract

Kamila, 2024. “Penerapan Metode Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Kosakata dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Iggris di PAUD Formal TK Pertiwi Losari Kidul Kabupaten Brebes” Keywords: Metode Gerak dan Lagu, Kosakata, Keaktifan Siswa, Bahasa Inggris, Anak Usia Dini Memasuki era society 5.0 ini, Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar internasional telah digunakan di hampir semua aspek kehidupan masyarakat di dunia. Pesatnya perkembangan teknologi semakin memperjelas pentingnya memahami bahasa Inggris yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain di seluruh belahan dunia, terutama di negara-negara maju. Peran guru adalah memperkenalkan Bahasa Inggris sejak dini, sehingga anak-anak memiliki bekal untuk menghadapi persaingan di masa depan yang semakin sengit. Sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini, yaitu belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar, guru perlu memilih metode pembelajaran yang tepat. Metode gerak dan lagu berarti menggerakkan anggota tubuh sesuai dengan lirik atau ritme lagu dan nyanyian yang menyertainya. Anak-anak suka bernyanyi dan selalu aktif bergerak. Dengan mengulangi kosakata dalam lagu sambil bergerak, menjadi lebih mudah bagi anak untuk menyerap makna lagu tersebut. Lagu-lagu yang digunakan dalam bahasa Inggris yang sederhana dengan tema yang paling dekat dengan lingkungan anak seperti kosakata hewan, kendaraan, buah-buahan, dan warna. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu dengan lokasi penelitian berada di PAUD Formal TK Pertiwi Losari Kidul, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes. Sampel terdiri dari 54 anak yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data diambil dari wawancara, tes, dan observasi. Tes yang digunakan adalah lembar soal dengan gambar menarik yang disesuaikan dengan perkembangan anak usia dini. Lembar observasi digunakan untuk memantau aktivitas siswa, baik aktivitas fisik maupun non fisik selama pembelajaran. Data yang diperoleh diproses menggunakan software SPSS, sedangkan hasil observasi dan wawancara disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan metode gerakan dan lagu menunjukkan perubahan positif pada responden terhadap peningkatan kemampuan kosakata dan keaktifan siswa selama belajar Bahasa Inggris, dibandingkan dengan siswa yang hanya mendapatkan pembelajaran konvensional. Untuk itu, guru pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini perlu mengembangkan metode gerak lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berpihak pada siswa, dan cocok diterapkan pada anak usia dini karena mengandung unsur kegiatan bermain yang menyenangkan.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:30
Last Modified: 24 Sep 2024 02:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9319

Actions (login required)

View Item View Item