PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERILAKU INOVATIF GURU SMA NEGERI 3 SLAWI

Retno Setyaningrum, . (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERILAKU INOVATIF GURU SMA NEGERI 3 SLAWI. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
tesis retno- cover-bab3 - Retno Setyaningrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB 4 sampai BAB 5_RETNO SETYANINGRUM_MAGISTER PEDAGOGI_PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERILAKU INOVATIF GURU SMA NEGERI 3 SLAWI - Retno Setyaningrum.docx
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran_RETNO SETYANINGRUM_MAGISTER PEDAGOGI_PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PERILAKU INOVATIF GURU SMA NEGERI 3 SLAWI - Retno Setyanin.docx

Download (186kB)

Abstract

Retno Setyaningrum. 2024. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Perilaku Inovatif Guru SMA Negeri 3 Slawi”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr.Taufiqulloh, M.Hum. Pembimbing II Dr. Beni Habibi, M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Perilaku Inovatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap perilaku inovatif guru, (2) seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap perilaku inovatif guru, dan (3) Menganalisis dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap perilaku inovatif guru di SMA Negeri 3 Slawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang meneliti populasi ataupun sampel tertentu, menggunakan alat ukur (instrumen) penelitian dan analisis data kuantitatif/statistik untuk menguji dan membuktikan hipotesis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode survey adalah proses yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar di SMA Negeri 3 Slawi yang berjumlah 50 orang guru yang terdiri dari laki-laki sejumlah 22 orang dan perempuan sejumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Transformasional memperoleh nilai p (0,001) menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inovatif guru, (2) Motivasi Kerja memperoleh nilai p (0,003) menunjukkan bahwa motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inovatif guru, (3) Kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku inovatif guru. Namun, motivasi kerja guru memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional Kepala sekolah dan guru yang memiliki motivasi kerja tinggi lebih cenderung untuk (1) mencoba ide-ide baru dalam pembelajaran, (2) menerapkan metode pembelajaran yang kreatif, (3) mengembangkan bahan ajar yang inovatif, (4) berkolaborasi dengan guru lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan (5) berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan profesional.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:31
Last Modified: 24 Sep 2024 02:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9324

Actions (login required)

View Item View Item