Hilmi Riza, . (2024) EVALUASI PROGAM TAHFID AL QURAN SEBAGAI UNGGULAN PONDOK PESANTREN NURUL HAYAH KETANGGUNGAN BREBES TAHUN PENDIDIKAN 2022/2023 ( Perspektif Model Evaluasi CIPP Daniel Stufflebeam). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover - Bab 3 - hilmi riza.docx Restricted to Repository staff only Download (964kB) |
|
Text
BAB 4 - 5 - hilmi riza.docx Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
DAFTARPUSTAKA - LAMPIRAN - hilmi riza.docx Download (7MB) |
Abstract
HILMI RIZA, 2024. “Evaluasi Progam Tahfid Al Quran Sebagai Unggulan Pondok Pesantren Nurul Hayah Ketanggungan Brebes Tahun Pendidikan 2022/2023 ( Perspektif Model Evaluasi Cipp Daniel Stufflebeam)”. Tesis. Program Study Magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Maufur, M.Pd. Pembimbing II Dr.Basukiyatno, M.Pd Kata Kunci : Evaluasi Program, Program Unggulan Tahfidz Al Qur’an, Model CIPP Progam Tahfidh Al Qur’an merupakan program unggulan di pondok pesantren Nurul Hayah Brebes. Tujuan dari program tersebut untuk menunjang santri dalam menghafalkan Al Qur’an dengan cepat dan terukur. Penilitian ini dilakukan untuk mengevaluasi secara komprehensif supaya dapat dilakukan penyempurnaan atau perbaikan. Penelitian menggunakan evaluasi CIPP meliputi empat komponen konteks, input, proses, produk. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, evaluasi context program unggulan tahfidz Al Qur’an pondok pesantren Nurul Hayah Brebes menunjukkan bahwa perencanaan program, dukungan lingkungan dan tujuan sudah bagus. Kedua, evaluasi input program tahfidz Al Qur’an diketahui bahwa kompetensi yang dimiliki ustad tahfidz sudah sesuai dalam membaca dan hafalan Al- Qur’an akan tetapi masih perlu ditingkatkan lagi. Santri dalam mengikuti program tahfidz Al Qur’an memiliki antusias untuk mengikuti progam unggulan. Sedangkan kurikulum yang dijadikan panduan di progam unggulan tahfidh sudah baik yaitu kurikulum pokok dan kurikulum penunjang. Selain itu program juga didukung dengan pembelajaran yang efesien yaitu adanya buku kendali yang dimiliki oleh masing-masing santri. Ketiga, evaluasi prosess program tahfidz Al Qur’an menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan pembelajaran tahfidz Qur’an berjalan lancar dan sesuai dengan yang telah direncanakan. Metode yang digunakan yaitu talaqqi/tahsin. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al Qur’an yaitu kurangnya waktu jam pelajaran. Keempat, evaluasi product /hasil menunjukan bahwa pencapaian target hafalan santri rata rata dapat 19 juz, dengan hafalan yang terendah 10 juz dan pencapaian tertinggi 30 juz.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 03:38 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 03:38 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9334 |
Actions (login required)
View Item |