ABDUS SHOBIR, . (2024) PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DI SDN JATINEGARA 01. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER BAB 1-3 - Abdus Shobir.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV-V - Abdus Shobir.docx Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - Abdus Shobir.docx Download (4MB) |
Abstract
Abdus Shobir. 2024. Judul Tesis “Pengaruh Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Karakter Siswa Di SDN Jatinegara 01”. Magister Pedagogi. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd, Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata Kunci : Program Sekolah Ramah Anak, Motivasi Belajar Siswa, Karakter Siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu 88 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi sederhana. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah/madrasah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh program sekolah ramah anak tehadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh program sekolah ramah anak terhadap karakter siswa, 3) pengaruh program sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar dan karakter siswa di SDN Jatinegara 01 Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan program sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar siswa, dilihat dari perhitungan uji hipotesis dimana nilai t hitung sebesar 7,963 lebih esar dari t table sebesar 0,306 dan koefisien regresi dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, nilai sigfikansi tersebut lebih kecil dari α 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan program sekolah ramah anak terhadap karakter siswa, dilihat dari perhitungan uji hipotesis dimana nilai t hitung sebesar 6,704 lebih esar dari t table sebesar 0,306 dan koefisien regresi dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, nilai sigfikansi tersebut lebih kecil dari α 0,05. Adanya pengaruh secara simultan program sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar dan karakter siswa dinyatakan diterima yang dihasilkan dari hasil uji simultan (uji F) diperoleh hasil sigfikan sebagaimana ditunjukkan oleh angka 0,000 < 0,05. Dan besarnya kontribusi program sekolah ramah anak terhadap motivasi belajar dan karakter siswa sekitar 70%, selebihnya sebesar 30% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapat disampaikan pada penelitian ini adalah mengoptimalkan penerapan program sekolah ramah anak dengan melibatkan seluruh anggota sekolah, termasuk guru, siswa, staf, orang tua, komite sekolah, stake holder yang ada serta pemangku kepentingan dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, inklusif, dan mendukung.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:49 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:49 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9336 |
Actions (login required)
View Item |