PRABINGESTI ANGGARSIKA, . (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB III_TESIS PRABINGESTI ANGGARSIKA - Prabingesti Anggarsika.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
BAB 4-5 PRABINGESTI ANGGARSIKA - Prabingesti Anggarsika.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN PRABINGESTI ANGGARSIKA - Prabingesti Anggarsika.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anggarsika, Prabingesti. 2024. “Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Jawa pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Tri Mulyono, M.Pd., Pembimbing II Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Kata kunci: pengembangan, instrumen penilaian, literasi membaca, pembelajaran Bahasa Jawa Kegiatan literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa membutuhkan sebuah penilaian standar yang dapat mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan akan instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP, mendeskripsikan desain pengembangan instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP berdasarkan standar PISA, serta memvalidasi instrumen penilaian dengan validitas isi, validitas psikometri, dan validitas konstruk. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan prosedur pengembangan Formative Research Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menganalisis kebutuhan instrumen penilaian, kemudian dilaksanakan tes untuk mengumpulkan data berupa hasil capaian peserta didik. Peserta didik yang menjadi subjek yakni kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel sejumlah 273. Analisis hasil tes peserta didik kemudian diuji validitasnya dengan menggunakan pemodelan Rasch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP dibutuhkan untuk menjadi sebuah tes standar dalam mengukur kemampuan literasi membaca peserta didik. Desain pengembangan penilaian literasi membaca menggunakan standar PISA dengan tiga kategori: mengakses dan menemukan informasi (access and retrieve); menginterpretasi dan mengintegrasi (interpret and integrate), serta mengevaluasi dan merefleksi (evaluate and reflect). Instrumen tersebut sudah memenuhi validitas berdasarkan aspek isi, psikometri, dan konstruk. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP ini layak dipakai untuk mengukur kemampuan literasi membaca dalam pembelajaran Bahasa Jawa SMP. Saran dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemampuan pengajar utamanya guru bahasa Jawa dalam menciptakan butir-butir tes yang mengacu pada capaian literasi peserta didik. Untuk peneliti selanjutnya, dapat dilakukan penelitian pengembangan instrumen penilaian literasi lainnya, khususnya dalam pembelajaran bahasa Jawa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:50 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:50 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9338 |
Actions (login required)
View Item |