SITI KHUSNUL KHOTIMAH SITI KHUSNUL KHOTIMAH, . (2024) INTERFERENSI BAHASA SUNDA TERHADAP BAHASA INDONESIA (KAJIAN FONOLOGI) DALAM KOMUNIKASI PADA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DI SDN PAMULIAN 02 SERTA IMPLIKASINYA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB 1 - 3 - Siti Khusnul Khotimah.pdf.docx Download (561kB) |
|
Text
BAB 4 5 - Siti Khusnul Khotimah.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
Text
DAPUS + LAMPIRAN - Siti Khusnul Khotimah.pdf.docx Download (1MB) |
Abstract
KHOTIMAH, SITI KHUSNUL. 2024 Interferensi Bahasa Sunda terhadap Bahasa Indonesia (Kajian Fonologi) dalam Komunikasi pada Pendidik dan Peserta Didik Di SDN Pamulian 02 Serta Implikasinya. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Agus Riyanto, M.Pd. Pembimbing II : Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata Kunci : Interferensi fonemis, interferensi fonis, implikasi Tujuan penelitian ini mendeskripsikan wujud interferensi fonologi Bahasa sunda terhadap Bahasa Indonesia yang digunakan dalam komunikasi pada pendidik dan peserta didik di SDN Pamulian 02 serta implikasinya Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan sumber data berupa tuturan yang dihasilkan oleh pendidik dan peserta didik di SDN Pamulian 02. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Analisis data dengan menggunakan metode agih yang merupakan cara menganalisis data untuk menjawab masalah yang akan diteliti dengan alat penentu yang berasal dari dalam Bahasa dan menyatu dengan data, dalam penelitian menunjukkan data yang telah ditemukan terdapat interferensi fonemis sebanyak 4 data (18,2%) dan interferensi fonis sebanyak 18 data (81,8%). Dari keenam faktor tersebut faktor yang lebih dominan yaitu faktor dwibahasa penutur dan kebiasaan dalam Bahasa ibu. Hal ini mengindikasikan bahwa kedua faktor tersebut memiliki kontribusi yang seimbang dalam mempengaruhi interferensi bahasa Sunda terhadap bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan tersebut. Penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X, Pada capaian pembelajaran (CP), Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:16 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:16 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9417 |
Actions (login required)
View Item |