TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA NOVEL KEMEJA FLANEL RIAN KARYA NABILLA AZARINE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

KHUSNIATUN NADZIFAH, . (2024) TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA NOVEL KEMEJA FLANEL RIAN KARYA NABILLA AZARINE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover sampai bab 3 - Khusniatun Nadzifah.docx

Download (567kB)
[img] Text
Bab 4 dan 5 - Khusniatun Nadzifah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
Dapus dan Lampiran - Khusniatun Nadzifah.docx

Download (719kB)

Abstract

NADZIFAH, KHUSNIATUN. 2024. Tindak Tutur Ilokusi pada Novel Kemeja Flanel Rian Karya Nabilla Azarine dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Leli Triana, S.S., M.Pd. Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata Kunci : Tindak tutur ilokusi, implikasi, pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini mengkaji tindak tutur ilokusi pada percakapan novel Kemeja Flanel Rian karya Nabilla Azarine dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan wujud tindak tutur ilokusi pada novel Kemeja Flanel Rian karya Nabila Azarine dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah karya sastra novel “Kemeja Flanel Rian” karya Nabilla Azarine. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan menggunakan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan. Penyajian hasil analisis data penelitian ini menggunakan penyajian informal. Hasil penelitian ini ditemukan 78 data tindak tutur ilokusi. Tindak tutur ilokusi direktif sebanyak 23 tuturan (29%), tindak tutur ilokusi ekspresif sebanyak 23 tuturan (29%), tindak tutur ilokusi komisif sebanyak 2 tuturan (3%), data tindak tutur ilokusi representatif sebanyak 30 tuturan (39%). Hasil penelitian ini diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada fase E/Kelas 10 pada materi teks anekdot karena dapat mempermudah siswa untuk memahami makna tersirat dan tersurat yang terkandung dalam teks anekdot.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:41
Last Modified: 03 Oct 2024 04:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9459

Actions (login required)

View Item View Item