KHABIBAH SA’DIYATUL KAROMAH, . (2024) ANAFORA DAN RIMA DALAM ANTOLOGI PUISI “KISAH CINTA JULIETA” KARYA TRI MULYONO DAN JULIETA NIELA SALMA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Bab cover-BAB 3 - Sadiyatul Khabibah.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB 4 - 5 - Sadiyatul Khabibah.docx Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text
Bab Daftar Pustaka- Lampiran - Sadiyatul Khabibah.docx Download (1MB) |
Abstract
KAROMAH, KHABIBAH SA’DIYATUL, 2024. “Anafora dan Rima dalam Antolog Puisi Kisah Cinta Julieta Karya Tri Mulyono dan Julieta Niela Salma serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Leli Triana,M.Pd. Pembimbing II : Syamsul Anwar,M.Pd. Kata kunci: Puisi, Anafora, Rima, Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mendeskripsikan bentuk dan makna anafora serta rima dalam antologi puisi Kisah Cinta Julieta karya Tri Mulyono dan Julieta Niela Salma, 2) Mendeskripsikan fungsi anafora dan rima dalam antologi puisi Kisah Cinta Julieta karya Tri Mulyono dan Julieta Niela Salma, 3) Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, baca, simak dan catat. Wujud data yang digunakan pada penelitian ini adalah kalimat atau penggalan puisi yang mengandung gaya bahasa anafora dan rima dalam antologi puisi Kisah Cinta Julieta. Serta mendeskripsikan implikasi pembelajaran gaya bahasa anafora dan rima dalam antologi puisi Kisah Cinta Julieta karya Tri Mulyono dan Julieta Niela Salma dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Hasil penelitian dan pembahasan anafora serta rima dalam antologi puisi Kisah Cinta Julieta karya Tri Mulyono dan Julieta Niela Salma ditemukan 17 judul puisi (28%) mengandung anafora, 28 judul puisi (46%) mengandung rima, dan sisanya tidak ditemukan anafora dan rima pada 16 judul puisi (26%). Puisi-puisi yang mengandung gaya bahasa anafora seperti Ajari Aku Menulis Puisi, Bisa, Sekarang, Dimana Saja, Bagaimana Menulis Puisi Yang Baik?. Sementara itu, puisi yang mennunakan rima ditemukan pada 28 puisi seperti puisi yang berjudul Ajari Aku Menulis Puisi, Bisa, Bimbing Aku Menulis Puisi, Harus Darimana?, Dimana Aku Menulis?, Dimana Saja, Apa Yang Bisa Ditulis?, Bagaimana Mencari Ide?, Bagaimana Menghindari Macet?. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada sekolah tingkat SMA kelas X semester genap pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam materi puisi memahami diksi dan gaya bahasa antologi puisi serta menulis puisi sebagai outputnya.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:11 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:11 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9633 |
Actions (login required)
View Item |