THE EFFECT OF USING MIND MAPPING STRATEGY TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT (An Experimental Research at the Ninth Graders at SMP N 2 Kramat in Academic Year 2023/2024)

MEIZAR AGUNG WIHADI, . (2024) THE EFFECT OF USING MIND MAPPING STRATEGY TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT (An Experimental Research at the Ninth Graders at SMP N 2 Kramat in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
FPSKRIPSI_1-3 - Meizar Wihadi.docx

Download (1MB)
[img] Text
FPSKRIPSI_4-5 - Meizar Wihadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
FPSKRIPSI_BB-APP - Meizar Wihadi.docx

Download (2MB)

Abstract

WIHADI, MEIZAR AGUNG. 2024. 1619500025: “Pengaruh Penggunaan Strategi PemetaanPikiran Terhadap Prestasi Kosakata Siswa (Penelitian Eksperimental pada Siswa KelasSembilan di SMP N 2 Kramat pada Tahun Ajaran 2023/2024”. Proyek penelitian ProgramStrata 1, Jurusan Keguruan dan Ilmu Bahasa Inggris dan Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Masfuad Edy Santoso, M.Pd, Pembimbing II Yulia Nur Ekawati, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pemetaan Pikiran, Kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan strategi Mind Mapping terhadap pencapaian kosakata siswa dan mengetahui apakah strategi Mind Mapping memberikan pengaruh positif terhadap pencapaian kosakata siswa di SMP N 2 Kramat. Penulis menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa kurang lebih 316 siswa dan penulis mengambil 2 kelas dari 10 kelas sebagai sampel. Jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen (9B), kelompok kedua adalah kelompok kontrol (9J). Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumen. Tes terdiri dari pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan sebelum siswa diberi perlakuan dan post-test kosakata dilaksanakan setelah siswa selesai belajar. Tes ini berisi materi kosakata yang diberikan oleh penulis dengan menggunakan strategi Mind Mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol berdasarkan hasil post-test (69,13 > 62,27). Hasil uji-t menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0.000 kurang dari 0.05, dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan strategi Mind Mapping dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas IX B SMP N 2 Kramat, hal ini menyebabkan penggunaan strategi Mind Mapping dapat membawa pada hasil belajar yang lebih baik karena penggunaan strategi ini membuat siswa belajar dan berfikir secara alamiah untuk menemukan kosakata. Strategi ini juga membuat siswa lebih bersemangat dan percaya diri dalam belajar. Penulis menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan strategi Mind Mapping dan siswa yang tidak. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan strategi Mind Mapping menghasilkan perbedaan dalam pencapaian kosakata siswa setelah diajarkan strategi Mind Mapping, dan memiliki efek positif pada pencapaian kosakata siswa di kelas sembilan. Sebagai saran, guru harus dapat menggunakan strategi yang tepat dalam mengajarkan pelajaran bahasa Inggris, terutama dalam mengajarkan kosakata.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:16
Last Modified: 11 Oct 2024 02:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9710

Actions (login required)

View Item View Item