AZIZAH DHIA WARDANI, . (2024) KAMPANYE BODY POSITIVITY DAN SELF LOVE PADA VIDEO KLIP LAGU “TUTUR BATIN” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PEREMPUAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI COVER BAB 1,2,3,4_AZIZAH DHIA WARDANI - Azizah Dhia Wardani.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI BAB 5,6,7_AZIZAH DHIA WARDANI - Azizah Dhia Wardani.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN_AZIZAH DHIA WARDANI - Azizah Dhia Wardani.pdf Download (1MB) |
Abstract
Azizah Dhia Wardani, 220600028. KAMPANYE BODY POSITIVITY DAN SELF LOVE PADA VIDEO KLIP LAGU “TUTUR BATIN” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PEREMPUAN., SKRIPSI. Pembimbing I: Ike Desi Florina, M.I.Kom. Pembimbing II: Didi Permadi, M.I.Kom. Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Kampanye merupakan serangkaian kegiatan komunikasi dengan teknik mempresuasif khalayak untuk melakukan tindakan yang disarankan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kampanye Body Positivity dan Self Love sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri pada perempuan dengan cara menganalisis pesan kampanye dalam video klip lagu “Tutur Batin” dengan menggunakan teori pesan kampanye oleh Venus (2019), yang memiliki sepuluh konsep pesan kampanye yaitu Overlapping of interest, Memorable dan Readable, Bersifat Argumentatif, Etis dapat dipercaya, Konkret, Bersifat Repetisi, Bersifat Koheren, Bersifat Segmentatif, Memperlihatkan Perbedaan dan Memberikan Solusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengidentifikasi dan mendeskripsikan pesan kampanye pada video klip lagu “Tutur Batin” berdasarkan sepuluh konsep pesan kampanye, serta melakukan pengumpulan data wawancara kepada dua belas informan dengan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kampanye Body Positivity dan Self Love memiliki tema tentang peningkatan kepercayaan diri, dimana didalam video klip tersebut menggambarkan perjuangan perempuan untuk melawan rasa tidak percaya diri. Pesan atau makna yang dapat terinterpretasikan dengan baik dan diterima oleh setiap informan tentang peningkatan kepercayaan diri. Kata kunci : Kampanye, Body Positivity, Self Love, Video klip Tutur Batin, Kepercayaan Diri
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:18 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:18 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9734 |
Actions (login required)
View Item |