KOMUNIKASIPERSUASIFPADATAYANGANVIDEOBERTEMA GO GREEN DI MEDIASOSIALPANDAWARAGROUPDALAM UPAYAPENINGKATANKESADARANLINGKUNGAN

LAELYNURUSYIFA, . (2024) KOMUNIKASIPERSUASIFPADATAYANGANVIDEOBERTEMA GO GREEN DI MEDIASOSIALPANDAWARAGROUPDALAM UPAYAPENINGKATANKESADARANLINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas PancasaktiTegal.

[img] Text
COVER - BAB 3 fiksss - Laely Nurusyifa.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 - BAB 5 - Laely Nurusyifa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFPUS - LAMPIRAN - Laely Nurusyifa.docx

Download (1MB)

Abstract

LAELY NURUSYIFA. 2220600014. KOMUNIKASI PERSUASIF PADA TAYANGAN VIDEO BERTEMA GO GREEN DIMEDIA SOSIAL PANDAWARA GROUP DALAM UPAYA PENINGKATAN KESADARAN LINGKUNGAN. SKRIPSI.Pembimbing I: DiryoSuartoS.Sos.M.Si. Pembimbing II: Ike Desi Florina M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Komunikasi persuasif merupakan proses komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhisikap, pendapatatauperilakuseseorangbaiksecaraverbalmaupunnonverbal. Fokusdalampenelitianiniterletak pada tayangan video dengantemaGo green yang terdapat di media sosialPandawara group sebagaiupayapeningkatankesadaranlingkungan.Untukmemahami model komunikasipersuasif yang digunakandalamtayangan video tersebut, makapenelitimelakukananalisiskonten (content analisys) terhadappostingan di akun media sosialPandawara group yang memiliki 301 video di Instagram dan 237 di TikTok. Penelitianinimenganalisisbagaimanatayangan video dengantemaGo greentersebutmenggunakan 6 prinsipkomunikasipersuasif Robert B Cialdini. Dalampenelitianinipenelitimenggunakanmetodepenelitiandeskriptifkualitatif, selainituuntukmenilaiefektivitaskomunikasipersuasifdalammeningkatkankesadaranlingkungan, penelitimenggunakankuisioner yang disebarkepadaenaminformansebagaibagiandaripengumpulan data. Hasilnyatayangan video dengantemaGo green yang terdapat di media sosialPandawara group menggunakan 6 prinsipkomunikasipersuasifdari Robert B Cialdini yaituOtoritas, Timbal Balik, Bukti Sosial, Menyukai, dan Kelangkaan dan video tersebutterbuktiberhasilmempengaruhiinformandalammeningkatkankesadaranlingkungan. Kata kunci :KomunikasiPersuasif, Tayangan Video, KesadaranLingkungan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:18
Last Modified: 11 Oct 2024 02:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9737

Actions (login required)

View Item View Item