Farah Hikmah Cahyani, . (2024) PERSEPSI GURU IPA SMP DI WILAYAH WANASARI KABUPATEN BREBES TERHADAP EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) DALAM PEMBELAJARAN IPA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI COVER - BAB 3_FARAH HIKMAH CAHYANI_PIPA - Farah Hikmah Cahyani.docx Download (723kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB 4 - BAB 5_FARAH HIKMAH CAHYANI_PIPA - Farah Hikmah Cahyani.docx Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN_FARAH HIKMAH CAHYANI_PIPA - Farah Hikmah Cahyani.pdf.docx Download (11MB) |
Abstract
Cahyani, Farah Hikmah. 2024. Persepsi Guru IPA SMP Di Wilayah Wanasari Kabupaten Brebes terhadap Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Bayu Widiyanto, M.Si Pembimbing II : Fahmi Fatkhomi, M.Pd Kata Kunci : Education for sustainable development (ESD), persepsi, guru IPA, pembelajaran IPA Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengetahuan guru IPA SMP di Wilayah Wanasari Kabupaten Brebes terhadap Sustainable Development Goals (SDGs). (2) Persepsi guru IPA SMP di Wilayah Wanasari Kabupaten Brebes terhadap Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dan penelitian ini menggunakan metode campuran melibatkan penggabungan data kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan wawancara dan memberikan angket. Pengambilan sampel penelitian ini merupakan beberapa guru IPA SMP di wilayah Wanasari sebagai responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian pengambilan data dan pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi sebagai data pendukung, dengan hasil temuan dari transkrip wawancara dan mendeskripsikan hasil angket serta dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan bahwa (1) pengetahuan guru IPA terhadap SDGs bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan tentang SDGs, tetapi terdapat sebagian kecil responden yang memiliki pemahaman mendalam mengenai SDGs dapat dilihat dari hasil yang didapatkan mereka tidak dapat menjelaskan secara mendalam mengenai SDGs. (2) Persepsi guru IPA terhadap ESD dalam pembelajaran IPA diperoleh persentase rata-rata sebesar 81,67% dengan kriteria sangat baik, menunjukkan bahwa sebagian besar guru IPA memiliki pemahaman sangat baik terhadap ESD dan memahami pentingnya mengaitkan ESD dalam pembelajaran IPA. Responden telah menerapkan sikap dan tindakan sehari-hari yang mengarah pada ESD, sehingga guru seharusnya mampu mengedepankan keberlanjutan lingkungan dan efektif menerapkan ESD dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:19 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:19 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9741 |
Actions (login required)
View Item |