MUHAMMAD FAJAR HIDAYATULLAH, . (2024) STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL ANCIKA KARYA PIDI BAIQ DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Diajukan sebagai Salah Satu Syarat dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata 1 untuk Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB I-III - Muhammad Fajar.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB IV-V - Muhammad Fajar.docx Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN - Muhammad Fajar.docx Download (1MB) |
Abstract
Hidayatullah, Muhammad Fajar. 2024. “Struktur Kepribadian Tokoh Dalam Novel Ancika karya Pidi Baiq dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA” Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Syamsul Anwar, M.Pd. Pembimbing II : Wahyu Asriyani, M.Pd Kata kunci: Struktur Kepribadian, Novel, Bahan Ajar Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Ancika karya Pidi Baiq dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester 1 yang meliputi id, ego, dan superego, serta menilai kelayakan struktur kepribadian yang ditinjau dari aspek keriteria pemilihan bahan pembelajaran dan aspek kurikulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ancika karya Pidi Baiq. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan catat. Berdasarkan kegiatan penelitian, tokoh utama dalam novel Ancika karya Pidi Baiq yaitu Ancika Mehrunisa Rabu memiliki struktur kepribadian id, ego, dan superego. Struktur kepribadian yang paling menonjol dari tokoh Ancika adalah ego, sehingga tokoh Ancika memiliki kepribadian yang rasional dan realistis. Ancika mampu menilai situasi secara objektif dan membuat keputusan berdasarkan kenyataan, bukan hanya dorongan atau keinginan. Selain itu tokoh Ancika juga memiliki kontrol diri yang baik. Ancika memiliki kemampuan untuk mengendalikan dorongan dan keinginannya serta tidak bertindak impulsif dan mampu menunda kepuasan untuk mencapai tujuan jangka panjang. Novel Ancika karya Pidi Baiq layak untuk dijadikan bahan ajar di SMA karena telah memenuhi tuntutan aspek kurikulum yaitu sesuai dengan capaian pembelajaran peserta didik mampu mengevaluasi gagasan dan pandangan berdasarkan kaidah logika berpikir dari membaca berbagai tipe teks (nonfiksi dan fiksi) di media cetak dan elektronik. Peserta didik mampu mengapresiasi teks fiksi dan nonfiksi dengan tujuan pembelajaran menganalisis isi serta kebahasaan pada novel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII semester 1. dan aspek bahan ajar di SMA yaitu, (1) bahasa yang digunakan dalam novel Ancika karya Pidi Baiq mudah dipahami oleh peserta didik, dan (2) watak tokoh dalam novel mudah dipahami oleh peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 01:54 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:54 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9755 |
Actions (login required)
View Item |