THE EFFECT OF APPLYING MINDOMO APPLICATION TOWARD STUDENTS’ WRITING SKILL ON DESCRIPTIVE TEXT AT TENTH GRADE (A Quasi-Experimental Research at SMA Al-Irsyad Tegal in Academic Year 2023/2024) RESEARCH PROJECT

Tarisna Dwi Rahmasari, . (2024) THE EFFECT OF APPLYING MINDOMO APPLICATION TOWARD STUDENTS’ WRITING SKILL ON DESCRIPTIVE TEXT AT TENTH GRADE (A Quasi-Experimental Research at SMA Al-Irsyad Tegal in Academic Year 2023/2024) RESEARCH PROJECT. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER- CHAPTER 3 - Tarisna Dwi Rahmasari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER 4-5 - Tarisna Dwi Rahmasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Tarisna Dwi Rahmasari.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rahmasari, Dwi Tarisna. 2024. 1620600041: “Pengaruh Penerapan Aplikasi Mindomo terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Siswa Kelas Sepuluh”. Proyek Penelitian. Program Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing pertama adalah Yulia Nur Ekawati, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing kedua adalah H. Sumartono, M.Pd. Kata kunci: Mindomo Application, Writing, Descriptive Text Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Mindomo terhadap kemampuan menulis siswa dalam menulis teks deskriptif dan untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan aplikasi Mindomo dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimental dengan pendekatan tes. Populasi terdiri dari 128 siswa kelas sepuluh dari SMA Al-Irsyad. Peneliti menggunakan purposive sampling dengan desain dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol). Ukuran sampel adalah 64 siswa, dengan 32 siswa dalam kelompok eksperimen dan 32 siswa dalam kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajarkan menggunakan aplikasi Mindomo, sedangkan kelompok kontrol diajarkan tanpa menggunakan aplikasi tersebut. Setelah memberikan pre-test dan mengajar selama delapan sesi, peneliti melakukan post- test untuk kedua kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, menunjukkan pengaruh penggunaan aplikasi Mindomo di kelas eksperimen. Ini menunjukkan bahwa aplikasi Mindomo memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Selain itu, 78% siswa menunjukkan minat yang lebih besar dalam menggunakan aplikasi Mindomo untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka, menurut respons mereka terhadap kuesioner. Berdasarkan temuan ini, peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris menggunakan aplikasi Mindomo sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, karena telah terbukti memberikan efek positif. viii

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:55
Last Modified: 16 Oct 2024 01:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9798

Actions (login required)

View Item View Item