ZALZA FINA OKTAFIANA, . (2024) THE EFFECTIVENESS OF USING DIGITAL COMIC STRIPS ON INCREASING STUDENTS’ WRITING SKILL (An Experimental Research at Ninth Grade of SMP Negeri 1 Tegal in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
skripsi zalza bab1-3.docx (3)-pages-1 - Zalza fina Oktafiana.pdf Download (1MB) |
|
Text
skripsi zalza bab4-5.docx (3)-pages-2 - Zalza fina Oktafiana.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
|
Text
skripsi zalza references n appendices.docx (3)-pages-3_compressed - Zalza fina Oktafiana.pdf Download (2MB) |
Abstract
OKTAFIANA, ZALZA FINA 2024. Efektivitas Penggunaan Komik Strip Digital terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa (Penelitian Eksperimental pada Kelas Sembilan SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024). Proyek Penelitian. Program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Pertama : Yuvita. MPd. Pembimbing Kedua : Anin Eka Sulistyawati, S.S.,M.Hum Kata Kunci: Komik Strip Digital, Keterampilan Menulis, Teks Deskriptif, Penelitian Kuantitatif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah penggunaan Digital Comic Strips sebagai bagian dari pembelajaran berbasis digital secara efektif meningkatkan keterampilan menulis dan apakah ada perbedaan yang signifikan dalam hasil antara siswa yang diajarkan menggunakan Digital Comic Strips dan mereka yang tidak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen sejati, dengan fokus pada populasi 254 siswa kelas sembilan di SMP N 1 Tegal. Sampel dipilih menggunakan cluster random sampling, menghasilkan 62 siswa, dengan 31 di kelompok kontrol dan 31 di kelompok eksperimen. Instrumen utama yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes menulis, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa skor post-test rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 86,13, sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 78,77. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar untuk kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Menurut hasil uji-t dalam tabel uji independen, nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) adalah 0,000, yang kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang menunjukkan perbedaan yang cukup besar. Sebagai kesimpulan, para peneliti menemukan bahwa penggunaan Digital Comic Strips memiliki dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Studi ini menunjukkan bahwa Digital Comic Strips lebih efektif daripada tidak menggunakan media Digital Comic Strips, dan siswa secara umum memiliki pandangan yang baik terhadap pendekatan ini untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka pada tahun ajaran 2023/2024. Metode ini dapat menjadi alternatif untuk melibatkan siswa dengan lebih antusias dan serius dalam studi mereka. Peneliti di masa mendatang didorong untuk mengeksplorasi media ini untuk keterampilan yang berbeda.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 01:56 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 01:56 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9801 |
Actions (login required)
View Item |