MOH.RIYANDI ADAM PRATAMA, . (2024) TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM FILM CATATAN SI BOY 2023 KARYA NASRI CHEPPY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi Moh Riyandi Adam Pratama (1520600028) Cover Bab 1-3 - Moh.Riyandi Adam pratama.pdf Download (760kB) |
|
Text
Skripsi Moh Riyandi Adam Pratama (1520600028) Cover Bab 4-5 _removed (1) - Moh.Riyandi Adam pratama.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
Skripsi Moh Riyandi Adam Pratama (1520600028) Cover Daftar Pustaka removed - Moh.Riyandi Adam pratama.pdf Download (1MB) |
Abstract
PRATAMA, ADAM RIYANDI MOH. 2023, Tokoh dan Penokohan dalam Film Catatan Si Boy 2023 dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Syamsul Anwar, M.Pd Pembimbing II: Leli Triana, S.S, M.Pd Kata kunci: Tokoh, penokohan, film Catatan Si Boy 2023, pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menganalisis tentang tokoh dan penokohan dalam film Catatan Si Boy karya Nasri Cheppy dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan tokoh dan penokohan dalam film Catatan Si Boy 2023 karya Nasri Cheppy serta mendeskripsikan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah film Catatan Si Boy 2023 karya Nasri Cheppy. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengguanakan menonton film, pencatatan data, analisis isi, dan penggunaan data primer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penyajian hasil analisis data penelitian mengguakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 43 data tokoh dan penokohan dalam film Catatan Si Boy 2023 karya Nasri Cheppy. Data jenis tokoh dan penokohan protagonis 24 data (56%), jenis tokoh dan penokohan antagonis 10 data (23%), jenis tokoh dan penokohan tritagonis 9 data (21%). Hasil dari penelitian ini menunjukan tokoh dan penokohan protagonis lebih dominan, dikarenakan hasil yang di dapat lebih tinggi dari tokoh dan penokohan lainnya. Hasil penelitian dapat diimplikasikan dengan materi teks drama pada kelas XI Fase F kurikulum merdeka elemen berbicara dan mempresentasikan dengan capaian pembelajaran mampu menyajikan gagasan, pikiran, dan kreativitas dalam berbahasa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 02:59 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 02:59 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9819 |
Actions (login required)
View Item |